Jalan Sehat dalam rangka Hari TBC Sedunia Puskesmas Lamba Leda

Jalan Sehat dalam Rangka Hari TBC Sedunia di Benteng Jawa

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Memperingati Hari TBC Sedunia yang jatuh pada 24 Maret 2019, UPTD Puskesmas Benteng Jawa, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), melakukan jalan sehat sekaligus sosialisasi penyakit TBC (Tuberculosis) ke masyarakat, Jumat (21/03/2019).

Kepala Puskesmas Benteng Jawa, Paskalis S. Jangkar mengatakan, tema kegiatan dalam rangka hari TBC sedunia ini adalah “Saatnya Indonesia Bebas TBC, Manggarai Timur Bebas TBC, Lamba Leda Bebas TBC, Puskesmas Benteng Jawa Bebas TBC Mulai dari Saya”.

“Untuk mencegah sekaligus memberantas penyakit ini, kami melakukan jalan sehat Selain kegiatan jalan sehat juga dilakukan kegiatan pungut sampah di sepanjang jalan dari Rumah Jabatan sampai di Kantor Camat serta kunjungan ke rumah warga. Kami juga melakukan pemasangan spanduk di setiap desa,” ujar Paskalis.

Paskalis menjelaskan, penyakit TBC adalah masalah global yang hingga saat ini mendapat perhatian pemerintah, dan penyakit ini dapat dilawan dengan perilaku hidup bersih dan sehat, serta pemeriksaan kesehatan di Pustu terdekat apabila mendapati gejala menyerupai TBC.

Sementara, Camat Lamba Leda, Drs. Aleksius Rahman mengatakan, “Penyakit TBC saat ini di Lamba Leda masih ada. Oleh karna itu, kegiatan seperti ini harus terus dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi ke masyarakat sampai sembuh serta kunjungan ke rumah warga dari petugas Puskesmas dan Dinas Kesehatan.”

Peserta jalan sehat memperingati Hari TBC Sedunia di Benteng Jawa
Peserta jalan sehat memperingati Hari TBC Sedunia di Benteng Jawa, Kec. Lamba Leda, Kab. Matim, Jumat (22/03/2019).

Peringatan Hari TBC Sedunia diselenggarakan UPTD Puskesmas Benteng Jawa bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Lamba Leda, lembaga pendidikan, serta para kepala desa di ibu kota Kecamatan Lamba Leda. Rute jalan sehat ini mulai dari rumah jabatan Camat Lamba Leda, menuju kampung Lamba, dilanjutkan ke Kantor Camat Lamba Leda dan finis di Puskesmas Benteng Jawa.

Turut hadir juga beberapa tokoh masyarakat, pihak Kepolisian Pospol Benteng Jawa, dan Babinkamtibmas, serta para guru mulai dari tingkat SD sampai SMP dan anak sekolah yang ada di Benteng Jawa, ibu kota Kecamatan Lamba Leda.

Laporan: Dodi Hendra