Jambore Gerakan Pramuka Tingkat Kwaran Wae Ri’i, Diadakan Di Lapangan SDN Bengkang

Daerah Flores

Manggarai, SorotNTT. com – Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda, yang dalam prosesnya gerakan Pramuka disesuaikan dengan prinsip dasar dan metode Kepramukaan (PDK-MK), yang tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga gerakan Pramuka. 

Gerakan Pramuka ikut serta dalam mempersiapkan diri dalam membangun bangsa dan negara Indonesia, yang lebih maju dengan menciptakan generasi muda yang cerdas, tangguh,inovatif,kreatif,terampil,mencintai Tuhan, dan seluruh hasil penciptaan-Nya, berakhlak mulia, dan mencintai tanah air. 

Gerakan Pramuka juga merupakan wadah untuk menjawab tuntutan kurikulum 2013, yang menuntut gerakan Pramuka menjadi salah satu fokus kegiatan ekstrakurikuler.

Berlandaskan beberapa pemikiran diatas maka dipandang perlu untuk melakukan kegiatan Jambore Pramuka, seperti yang dilakukan Tingkat Kwaran Wae Ri’i, Senin – Rabu (12-14/8/2019), bertempat dilapangan SDN Bengkang, Desa Benteng Poco, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai. 

Pembukaan Jambore Gerakan Pramuka Tingkat Kwaran Wae Rii

Ditemui ditempat dilaksanakannya Jambore ini, Ketua umum kegiatan / Ketua Kwaran Efrid Marung, menyampaikan bahwa, kegiatan Jambore ini mengusung tema “Gembira,Terampil,dan Berprestasi”, dengan tujuan menanamkan kecintaan terhadap ketahanan nasional yang sekarang ini dirasakan sudah mulai bergeser oleh budaya luar, yang semakin menyesatkan generasi muda dan menanamkan rasa cinta Pramuka terhadap alam, sesama, dan Tuhan. 

Pada kesempatan yang sama juga, Ketua pelaksana Ulus Ferdinandus dan Yosef Minggu, menyampaikan bahwa sasaran dari kegiatan ini untuk mengembangkan kreatifitas dan aktivitas Gerakan Pramuka penggalang dalam mempersiapkan diri dalam membangun masyarakat, agar menjadi anggota Pramuka yang kreatif, inovatif,bermoral, sehat jasmani dan rohani, dan berbudi pekerti luhur. 

Sekretaris kegiatan Kanisius Bugis, dan Feliks Dasman kepada SorotNTT. com menyampaikan, bahwa peserta kegiatan terdiri dari 24 pangkalan yaitu 20 pangkalan SD, 3 pangkalan SMP, dan 1 pangkalan penegak SMK selaku pendamping. Jumlah keseluruhan peserta adalah 1.872,936 orang laki-laki, dan 936 perempuan, Pembina Pramuka berjumlah 74 orang. 

Pantauan SorotNTT. com,  Jambore Pramuka ini diisi oleh berbagai kegiatan Kepramukaan serta perlombaan yang telah dirancang oleh Panitia Jambore,dan para peserta sangat antusias menjalankan setiap agenda yang telah dirancang. 

Laporan : Marselin