Jelang Pilkada Mabar, Tim Hukum Paket Misi Imbau Pemilih untuk Jujur

Daerah

Labuan Bajo, SorotNTT.com-Jelang Pilkada Manggarai Barat 9 Desember 2020, Tim Hukum Paket Misi, drh. Maria Geong, Ph.D. dan Silverius Sukur, S.P. mengimbau kepada masyarakat agar jujur dalam memilih pemimpin.

Kepada media ini Rabu, (18/11/2020), Tim Hukum Paket Misi, menyampaikan bahwa ada dua hal paling penting yang perlu diperhatikan masyarakat jelang pemungutan suara tanggal 9 Desember 2020.

Pertama, masyarakat perlu berperan aktif dalam melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap oknum-oknum atau kelompok yang berniat melakukan kecurangan saat pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat.

Sangat rawan dalam kontelasi politik terjadi kecurangan. Data kecurangan yang terjadi di masyarakat perlu dimabil sebagai bukti hukum. Bentuk kecurangan-kecurangan itu antara lain; melakukan transaksi pembelian suara, penggelembungan atau pengurangan suara saat perhitungan di TPS.

Tim Hukum Misi juga berharap agar masyarakat memantau setiap upaya kampanye hitam yang cenderung menjelekan paket Misi. Hari-hari menjelang pemilihan, banyak akun-akun palsu di media sosial yang mengumbar-umbar ujaran kebencian, berita atau penyampaian hal yang bersifat negatif.

Terhadap fenomena-fenomena itu, Tim Hukum mengimbau agar masyarakat tidak boleh mudah percaya. Mesti ada upaya mencari tahu kebenaran. Apa yang telah ditetapkan dan diputuskan adalah harga mati. Suara hati anda adalah pilihan yang tepat.

Tim Hukum Paket Misi meminta agar masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam seluruh proses jelang pilkada Mabar dengan menggunakan hak-hak politik secara benar. Sebab, tidak ada gunanya berdemokrasi jika praktek-praktek kecurangan masih meraja lela.

Kedua, jika ada indikasi kecurangan di TPS, masyarakat bisa langsung mengadu oknum-oknum tersebut ke Panswaslu setempat. Jika penyelewengan itu merugikan paket Misi, boleh menghubungi Tim Hukum Rumah Pemenangan Paket Misi di Sernaru- Labuan Bajo atau bisa kontak Tim Hukum Paket misi atas nama Pak Asis Deornay dengan nomor handphone/ WA 0812 89 14 5150.

Setiap pengaduan atas kecurangan dari tiap TPS perlu disertakan dengan bukti-bukti yang kuat seperti; foto, video, nama pelaku, tempat kejadian, dan tanggal peristiwa.

Paket Misi sendiri menginginkan agar Pilkada Mabar berjalan lancar dan damai. Siapapun paslon yang terpilih pada pemilihan tanggal 9 Desember 2020 mesti hasil dari proses yang jujur.

Editor: Pepy Dain