Julie Surtrisno Laiskodat Menghadiri Acara  Pengukuhan Gelar Profesor Bagi Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A

RUTENG, SorotNTT. Com- Anggota DPR RI Julie Sutrisno Laiskodat Menghadiri acara pengukuhan gelar Profesor bagi Rektor Unika St Paulus Ruteng, Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A, Sabtu (27/11/2021)

Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A sendiri dianugerahi gelar profesor untuk bidang ilmu religi dan budaya.

Diketahui, guru besar atau Prof. Dr. Yohanes Servatius Lon, M.A, bidang ilmu religi dan budaya mulai dikukuhkan oleh Universitas Katolik Indonesia (Unika) St Paulus Ruteng.

Prof. Yohanes Servatius Lon, M.A mendapatkan gelar guru besar atau profesor, berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 64673/MPK.A/KP.05.01/2021 yang ditetapkan pada 05, Oktober 2021 di Jakarta.

Dalam surat keputusan tersebut  dinyatakan bahwa sejak tanggal 01/09/2021, Prof. YOhanes Servatius Lon, M.A mendapat jabatan sebagai profesor dalam bidang ilmu religi dan budaya.

BACA JUGA:  Potensi Energi Terbarukan Besar, Presiden Jokowi: Kalkulasi yang Detail

Pada acara pengukuhan Prof. Yohanes  membawakan orasi ilmiah berjudul ‘Perjumpaan Hukum Negara, Agama, dan Adat dalam kasus perkawinan di Manggarai’.

Prof Yohanes menyoroti permasalahan marginalisasi hukum adat dan ketidakmampuan hukum-hukum negara untuk mengakomodir hukum adat dan hukum agama.

menurutnya, hal ini akan menyebabkan pasangan suami istri dan anak-anak yang hanya menikah menurut hukum adat Manggarai mengalami kesulitan sebagai warga gereja  dan warga negara.

Ia pun merekomendasikan agar ketiga hukum adat tersebut  perlu diperjumpakan secara harmonis,  dialektis, dan mutualis,  dengan memperhatikan prinsip kepastian hukum, penegakan keadilan,  dan hak asasi manusia serta asas kemanfaatan bagi manusia Manggarai.

BACA JUGA:  Gubernur NTT Tinjau Lokasi Air Layak Konsumsi Teknologi Reverse Osmosis di Desa Papagarang

“Ketiganya harus saling mengadopsi dan mendukung satu sama lain demi tegaknya hak para pasangan suami istri dan anak anak Manggarai,” ujar Prof. Yohanes.

Kepada awak media Anggota DPR RI Julue Sutrisno Laiskodat menyampaikan ucapan selamat kepada Civitas Akademika Universitas Katolik Indonesia (Unika) St. Paulus Ruteng atas pencapaian yang diterima.

Juga mengucapkan Selamat dan sukses bagi  Dr. Yohanes Sertius Lon, M.A atas  gelar Profesor yang diterima dan hari ini telah dikukuhkan, semoga kedepan Unika St. Paulus Ruteng semakin maju dan dapat bersama-sama membangun Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) yang kita cintai ini.

BACA JUGA:  Uskup Siprianus Tiba Di Ruteng

Terpantau acara pengukuhan gelar profesor berjalan ini berjalan sukses dan diikuti oleh berbagai undangan serta masyarakat umum.