Julie Sutrisno Laiskodat Bersama Kementan Gelar Bimtek Tanaman Vanili di Manggarai 

20230403 101746 2 jpg

RUTENG, SOROTNTT.COM- Julie Sutrisno Laiskodat, Anggota DPR-RI Komisi IV, bersama Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Perbenihan Perkebunan di Ruteng, Senin (3/4/2023). Bertempat di Aula Efata Ruteng.

Kegiatan pelatihan dan Bimtek yang dijalankan oleh Anggota Fraksi Partai Nasdem bersama Kementan kali ini fokus pada edukasi mengenai budidaya perkebunan Vanili. 

BACA JUGA:  Ketua Bawas PDAM Apresiasi Catat Meter Sistem Android

Kepada wartawan, Julie Laiskodat menjelaskan bahwa vanili merupakan komoditas unggulan para petani dengan harga cukup menjanjikan. Namun, belakangan ini masyarakat cenderung mulai malas menanam vanili. Padahal kalau mau diteliti vanili memungkinkan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Di sisi lain, kebutuhan pasar produksi terhadap vanili semakin tinggi. 

Sementara NTT merupakan daerah penghasil vanili yang memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan beberapa waktu lalu ada offtaker yang menghubungi Julie Laiskodat untuk mencari kemompok petani vanili di NTT. Offtaker itu memberi informasi bahwa Kabupaten Alor adalah daerah penghasil vanili dengan varietas berskala internasional.