Camat Elar Selatan Stephanus Lamar

Kades di Elsel Diminta Transparan Soal Penggunaan ADD

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Camat Elar Selatan, Stephanus Lamar meminta Kepala Desa (Kades) se-Elar Selatan untuk memasang baliho transparansi Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) pada setiap kantor desa atau di tempat umum di setiap desa yang tersebar di Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal ini ia sampaikan untuk menjawab Surat Ketegasan yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Matim belum lama ini.

“Sebelum Surat Ketegasan ini dikeluarkan oleh Dinas PMD Matim, saya sudah tegaskan hal ini kepada Kepala Desa untuk memasang papan ataupun baliho transparansi ADD dan DD,” kata Stephanus saat ditemui SorotNTT.com di ruang kerjanya di Kantor Camat Elar Selatan pada Selasa (28/5/2019) siang.

Menurutnya, ia sudah menyampaikan hal tersebut, baik dalam acara penerimaan secara keluarga maupun secara resmi oleh masyarakat Elar Selatan dan menegaskan semua desa yang tersebar di Elar Selatan harus memasang papan ataupun baliho transparansi penggunaan ADD dan DD pada masing-masing kantor desa.

“Bagi saya dan pengalaman di desa lain, desa-desa di luar Kecamatan Elar Selatan begitu bagus kantor desanya. Kantor desa itu sebagai pusat informasi bagi masyarakat desa, dan ini terbalik dengan desa-desa yang ada di Kecamatan Elar Selatan. Ini merupakan PR untuk kami selaku pemerintah,” ujarnya.

Lanjutnya, ke depan ia akan turun ke setiap desa-desa yang ada di Elar Selatan. Kalau di desa-desa tidak memiliki papan atau baliho transparasi ADD dan DD, justru ini yang akan menimbulkan kecurigaan atau dugaan-dugaan dari masyarakat desa.

“Saya pasti turun ke desa-desa untuk mengawasi pelaksanaan penggunaan dana desa. Terkait surat dari dinas PMD Matim, saya akan tindaklanjuti surat penegasan itu kepada kepala desa. Saya disposisikan untuk teruskan surat tersebut dalam bentuk penegasan. Sekarang kami sudah lakukan itu, dan sementara diproses suratnya,” tandasnya.

Stephanus menambahkan, hampir sebagian besar desa-desa di Kecamatan Elar Selatan belum memiliki papan ataupun baliho transparansi ADD dan DD.

“Saya orang baru di kecamatan ini, papan nama Kantor Kecamatan Elar Selatan saja belum ada. Papan penunjuk arah menuju kantor camat tidak ada, bahkan di dalam kantor camat saja belum memiliki papan nama di setiap ruangan,” tambahnya lagi.

Untuk itu, lanjutnya, ke depan kita akan buat itu. Supaya tamu yang datang tidak salah-salah memasuki ruangan di Kantor Camat Elsel ini. “Ini dibuat supaya tidak ada kesan bagi tamu yang datang.  Ini rumah apa. Pada hal ini kantor pemerintah,” ucapnya.

“Media punya peran penting, supaya kami ini jalan tidak terlalu jauh. Media ini merupakan representasi dari rakyat,” tutupnya.

Laporan: Lalong Ferdinandus