Kades Golo Rentung Bersama Warga Mendatangi Kantor PT. PLN UP2K Flores

Daerah

Ruteng,Sorotntt.com -Kepala Desa Golo Rentung bersama warganya mendatangi Kantor PT. PLN (Persero) UP2K Flores yang beralamat di Jalan Hata, Nomor 20 Lawir, Ruteng-Flores.

Motivasi mereka hadir Karena sampai saat ini di wilayah Desa Golo Rentung belum juga dialiri listrik Negara, padahal mereka sangat membutuhkanya.

Pantuan Media ini Pada Rabu, 17/02/2021 Kepala Desa Golo Rentung Ignatius Letor Sabon,ST dan ke enam (6) warganya membawa data-data pendukung dalam bentuk proposal, mereka diterima langsung oleh Kepala Manajer UP2K Flores , Bapak Simi Lapebesi.

Kepala Desa Golo Rentung Ignatius Letor Sabon dalam kesempatan itu mengatakan, Kehadiran mereka pada hari ini hanya untuk menyampaikan permohonan pemasangan listrik karena Sudah puluhan tahun warganya sangat merindukan ketersedian listrik . Akibat belum adanya aliran listrik masyarakat masih menggunakan lampu pelita dan generator.

“Kami masih menggunakan lampu pelita pak ,jadi kami sangat merindukan sekali aliran listrik dari PT.PLN (Persero) UP2K Flores”Ungkapnya.

Sudah beberapa kali petugas PLN datang melakukan survei ,namun sampai saat ini belum ada kejelasan, lanjutnya

“Terhitung Sudah empat kali petugas dari PLN datang untuk survei namun sampai saat ini belum ada kejelasan sehingga hari ini kami mendatangi kantor PLN ini “, Ujar Egos

Lebih lanjut Kades yang akrap disapa Egoz itu menambahkan di jaman yang serba elektronik ini listrik adalah salah satu kebutuhan pokok dari masyarakat apa lagi di wilayahnya banyak tempat umum seperti Kantor desa, Gedung SMPN satap Golo Utur, SDK Waso, Paud Golo Rentung I, Kapela Stasi Waso, SDI Golo Utur, Kapela Stasi Golo Utur, Paud Golo Rentung II dan Polindes. Sedihnya lagi pada saat anak-anak sekolah belajar di malam hari hanya menggunakan lampu pelita.

“Kasian anak-anak sekolah yang belajar pada malam hari menggunakan lampu pelita, kadang mereka tidak belajar dikarenakan minyak tanah habis. Semoga kedatangan kami hari ini bisa di dengar oleh pihak PLN,”Keluhnya

Masih dari kades Egoz ,Sebagai pemerintah desa pihaknya sudah melakukan sosialisasi bersama tokoh adat ,toko masyarakat , tokoh agama dan tokoh pendidikan terkait rencana pembanguan listrik pedesaan dengan dibuktikan berita acara kesepakatan sebagai berikut :

1.Bahwa masyarakat desa Golo Rentung mengajukan permohonan pembangunan listrik ke PT.PLN (Persero) UP2K Flores melalui pemdes Golo Rentung.

2.Bahwa atas nama pemangku adat bersama tokoh masyarakat, pemdes menjamin semua jalur hasil survei pihak PT.PLN (Persero) UP2K Flores seperti jalur tiang listrik akan bebas tanpa ada kendala yang menghambat proses pembangunan listrik diwilayah desa.

3.Bahwa benar calon pelanggan (Konsumen) sebanyak 350 KK calon pelanggan dari desa Golo Rentung wajib mematuhi ketentuan yang berlaku termasuk ketentuan yang sudah dibuat dalam rapat pertemuan ini yang merupakan kesepakatan bersama.

  1. Bahwa benar masyarakat desa Golo Rentung calon pelanggan sudah mendaftarkan diri menjadi pelanggan PT.PLN (Persero) UP2K Flores melalui pemerintah desa.
  2. Bahwa semua unsur masyarakat siap menjaga keberadaan jaringan listrik yang dibangun PT.PLN (Persero) UP2K Flores.
  3. Bahwa semua masyarakat desa Golo Rentung sepakat wajib membantu dan mendukung perambasan dan penebangan (Tanaman tumbuhan) yang terkena jaringan instalasi listrik baik sendiri maupun gotong royong ditempat masing-masing dengan catatan tidak ada ganti rugi tanaman tumbuhan dan tidak keberatan tanah ,kebun,pekarangan rumah untuk didirikan tiang listrik (Sukarela).
  4. Ketentuan-ketentuan lain yang belum diatur akan diatur melalui musyawarah mufakat bersama
  5. Berita acara Rapat Pertemuan ini ditanda tangani oleh peserta rapat yang terdiri dari pemdes Golo rentung dan unsur masyarakat lainnya.

Sementara itu Kepala Manajer PT.PLN (Persero) UP2K Flores Simi Lapebesi menyampaikan, Untuk desa Golo Rentung dan beberapa desa lain di kecamatan Lamba Leda sudah direncanakan untuk tahun ini, namun pihaknya masih menunggu anggaran dan material dari pemerintah pusat

“Desa Golo rentung sudah diusulkan untuk tahun ini pak, tapi masih menunggu anggaran dan material dari pusat. Mengingat pandemi covid-19 yang semakin bertambah makanya agak terlambat ,Mohon bersabar yah”,Jelasnya

Laporan : Dodi Hendra