lokakarya-puskesmas-benteng-jawa

Kadis Kesehatan Matim Hadiri Lokakarya Mini di Puskesmas Benteng Jawa

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur,  dr. Surip Tintin, berkesempatan hadir pada pertemuan lokakarya mini lintas sektor di Puskesmas Benteng Jawa, Kecamatan Lamba Leda yang bertemakan “Selamatkan ibu, selamatkan bayi, selamatkan masa depan”, Kamis (19/9/2019) di aula Paroki Benteng Jawa. 

Dalam sambutannya, dr. Surip Tutin mengatakan, dirinya mengharapkan agar hubungan dan kerjasama lintas sektor antara pelaksana bidang kesehatan/Puskesmas dengan kecamatan dan kepala desa dapat semakin terjalin dengan erat. 

“Ini terkait dengan tanggung jawab, masalah kesehatan bukan mutlak menjadi tanggung jawab petugas kesehatan, tetapi di dalamnya ada peran besar dari pemangku wilayah/camat dan kepala desa, serta unsur lainnya dalam rangka mendorong terciptanya peningkatan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga berharap agar puskesmas yang ada di Kecamatan Lamba Leda saling berkomunikasi untuk aktif mencari tahu ibu-ibu dan bayi yang membutuhkan pertolongan, khususnya ibu yang sedang mengandung. 

Saat bersamaan Kepala UPTD Puskesmas Benteng Jawa, Paskalis S. Jangkar, Amd.Kep, menyatakan, bahwa lokakarya mini ini untuk memelihara kerja sama lintas sektor Kecamatan Lamba Leda dalam rangka melakukan upaya optimalisasi peran lintas sektor, dalam upaya menyelamatkan ibu melahirkan dan bayi baru lahir 

“Dengan bersama-sama memikirkan dan memberi rekomendasi terbaik, upaya penyelamatan ibu melahirkan dan bayi baru lahir akan menjadi lebih kuat,” tandas Paskalis.

Lanjut Paskalis, tujuan dilaksanakan lokakarya mini ini, yakni untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI), dan angka kematian bayi (AKB), dalam upaya penurunan AKI-AKB, sangat diperlukan komitmen dan dukungan lintas program dan lintas sektor serta peran aktif masyarakat, dan dukungan  peraturan- peraturan yang berasal dari pusat maupun provinsi, sangat menentukan keberhasilan di daerah.

“Semoga berbagai ide yang muncul di sini, akan menghasilkan solusi dan kemitraan yang akan berdampak besar bagi kehidupan ibu dan bayi baru lahir ,dan semua persalinan di tolong oleh bidan dan fasilitas kesehatan, jangan ada lagi yang melahirkan di rumah,” tutup Paskalis.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Timur, unsur Forkompincam tingkat Lamba Leda, Kapospol Benteng Jawa, Babinsa Wilayah Selatan, para kepala desa sewilayah kerja Puskesmas Benteng Jawa, tokoh agama dan tim penggerak PPK se-wilayah kerja Puskesmas Benteng Jawa, dan para ibu yang sedang mengandung (ibu hamil). 

Laporan: Dodi Hendra