yosef-durahi-kadis-pmd-matim

Kadis PMD Matim Menjelaskan Mekanisme Pilkades Seleksi Tambahan

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Untuk menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 31 oktober mendatang di Kabupaten Manggarai Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa (DPMD) Kabupaten Manggarai Timur akan menggelar seleksi tambahan untuk desa yang mempunyai lebih dari lima calon kepala desa. 

Kepala Dinas PMD Kabupaten Manggarai Timur, Yosef Durahi, menjelaskan bahwa seleksi tambahan bagi calon kepala desa hanya dilaksanakan kepada desa yang memiliki lebih dari lima bakal calon. Hal tersebut mengacu kepada Peraturan Bupati Manggarai Timur dan tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa.

“Jika usia lebih dari lima puluh lima (55) tahun, langsung digugurkan oleh panitia desa dan Jika calon lebih dari 5, dan semuanya telah memenuhi syarat administrasi, maka panitia tingkat desa mengirimkan nama para calon ke panitia Pilkades tingkat kabupaten untuk seleksi melalui tes tertulis dan wawancara,” ujar Durahi.

Lebih lanjut Ia mengatakan, hasil tes tertulis dan wawancara dikirim kembali kepada panitia Pilkades tingkat desa, untuk ditetapkan dan tes ini tidak bermaksud untuk mengurangi hak seseorang untuk dipilih dan memilih, tetapi itu sudah menjadi ketentuan, sehingga setiap desa tidak ada calon kepala desa yang lebih dari lima bakal calon.

”Hanya lima (5) orang yang akan dinyatakan lulus oleh tim seleksi, merekalah nanti yang berhak mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 31 Oktober 2019 mendatang,” tandas Durahi.

Ia juga menambahkan, tugas panitia seleksi hanya sebatas melakukan penilaian sesuai teknis yang telah ditentukan, untuk penentuan kelulusan juga sesuai hasil tes dari masing-masing peserta,tidak ada rekayasa. 

Kepada peserta calon kepala desa, ia berpesan, “Nanti apabila sudah dinyatakan lulus seleksi, bersainglah dengan baik dan sportif, jangan saling menjelekkan satu sama lain,” tutup Durahi. 

Laporan : Dodi Hendra