Kalo Dorang Bisa, Ko Juga Bisa

Daerah

(Pembukaan Peparnas XVI Papua 2021)

“Saudara-saudara adalah inspirasi dan energi bagi sesama warga bangsa dan negara, saudara-saudara adalah obor yang menyalakan semangat untuk meraih prestasi dan pantang menyerah. Tularkan jiwa yang tidak pernah takut gagal, sukses menanti kalian semua, Saudara-saudara harus mampu menaklukan apa yang orang lain bisa lakukan, raihlah prestasi yang melampaui cita-citamu, hambatan tidak boleh menghalangi cita-cita meraih prestasi. Kalo dorang bisa, ko juga bisa. Demikian sambutan yang disampaikan Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin dalam acara pembukaan Pekan Paralimpic Nasional XVI Papua 2021 di Stadion Mandala, Jayapura Papua.

Selanjutnya wapres juga menyampaikan “ Penyelenggaraan PON kemarin berhasil dengan baik dan sukses yang luar biasa, apalagi diikuti dengan luapan kegembiraan masyarakat Papua yang luar biasa. Saya masih ingat dengan jelas riuh rendahnya stadion Ketika saya menyapa “Papua so bikin sa jato hati sekali”, dan hari ini saya datang Kemari “torang baku dapa lagi”. Untuk membuka Pekan Paralimpic Nasional ke XVI Tahun 2021 dan saya yakin Paralimpic inipun akan sukses Kembali, karena masyarakat Papua adalah masyarakat yang cinta akan olahraga, dan masyarakat Papua adalah tuan rumah yang hangat”.

“Sukses ini sekali lagi akan dicatat sejarah yang akan selalu dikenang dalam hati seluruh rakyat Indonesia”, tegas wapres Ma’ruf Amin.

BACA JUGA:  Kunjungi Naikliu, Gubernur VBL Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Desa

“Peparnas adalah ajang yang sangat istimewa, ajang untuk mendobrak bakat diri dan keluar sebagai pemenang. Peparnas juga bukan sekedar kompetisi olahraga, tapi lebih dari itu ini adalah pembuktian adanya semangat kesetaraan dan persamaan bagi kita semua. Untuk itu mari kita rayakan kesetaraan ini dalam semangat persaudaraan sesama anak bangs,a sesuai dengan semboyan “sehati mencapai tujuan ciptakan prestasi”. ujarnya.

Wapres juga menyampaikan “Ini merupakan pembuktian komitmen pemerintah untuk memberikan perlakuan yang sama bagi setiap warga negara. Dalam hal ini Presiden sudah meminta saya untuk membuka Peparnas ini dan Presiden sendiri nanti yang akan menutupnya. Pada PON yang lalu, Presiden membuka acara dan saya yang menutup, sebaliknya pada acara ini saya yang membuka dan Presiden nanti yang akan menutupnya. Ini baru terjadi di tanah Papua, Papua memang hebat “Papua…Kamu tra kosong”.

Selanjutnya dalam sambutan tersebut wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan apresiasi pada Menteri Pemuda dan Olahraga, jajaran Menteri kabinet Indonesia Maju, para Gubernur, Ketua umum NPC Indonesia beserta seluruh jajaran pengurus dan seluruh pihak yang telah bekerja keras membantu PB Peparnas untuk mempersiapkan Pelaksanaan Peparnas ini.

Secara khusus saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada saudara saya Gubernur Papua, Bpk. Lukas Enembe, “Bapak Lukas Enembe sa pu sodara”, dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah Papua selaku Panitia Besar Peparnas tahun 2021. Lanjut Wapres Ma’ruf Amin.

BACA JUGA:  Kapolres Mabar Bersama Unsur Forkopimda Hadiri Upacara HUT Bhayangkara ke-75 Secara Virtual

Meskipun banyak tantangan, namun dengan kerja keras serta dukungan seluruh masyarakat Papua yang saya cintai, masyarakat Papua yang sa sayang, telah berhasil menyiapkan venue tempat pertandingan dan sarana pendukung sesuai dengan standar pertandingan Pekan Paralimpic Nasional.

Saya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh kontingen dari seluruh wilayah Indonesia yang akan berlaga di Peparnas Papua ini.

Menutup sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin juga mengajak semua hadirin dan para undangan yang hadir, untuk Bersama-sama mengatakan…“Kalo dorang bisa, ko juga bisa”.

Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut, Wakil Gubernur NTT Drs. Josef A. Nae Soi Bersama Kontingen NPC (National Paralimpic Comitee) NTT yang akan ikut bertanding dalam ajang Peparnas XVI Papua 2021. Dalam acara tersebut, Kontingen NPC (National Paralimpic Comitee) NTT dipimpin oleh Ketua NPC NTT, Victor Halengky Haning. Kontingen NPC NTT beranggotakan 40 orang, terdiri dari 27 atlit, 13 Pelatih Official dan akan mengikuti 49 nomor yang dilombakan dengan target, 3 emas, 2 perak dan 5 perunggu.

Turut hadir dalam acara Pembukaan Peparnas XVI Papua 2021, Duta Besar negara sahabat, Menteri Kabinet Indonesia maju, Gubernur Papua, Lukas Enembe serta Gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan Walikota diseluruh Indonesia serta tokoh agama, Tokoh Masyarakat papua dan tidak ketinggalan Para Atlit dan Official Peparnas XVI 2021 papua dari seluruh Provinsi di Indonesia.

BACA JUGA:  Dalam Hitungan Jam, Tim Polres Alor Berhasil Mengamankan Pelaku Pembunuhan

Adapun Perolehan medali sementara Kontingen NTT sampai dengan hari ini Sabtu, 6 November 2021, adalah 2 Perak dan 4 Perunggu dengan perincian :
2 Perak :

  1. PUTRI T13 400 meter : an. Marsela Bonita Fallo
  2. Lompat Jauh : an. Marsela Bonita Fallo

4 Perunggu :

  1. Tolak Peluru F 40 41 : an. Kristo Lenggu
  2. Lari T20 1500 Putra : an. Lexi Kase
  3. Lari 400m : an. Yuni
  4. Lempar Lembing : an. Rani