Kampus Politeknik eLBajo Commodus Kembali Menggelar FGD tahap II

Daerah

LABUAN BAJO, SorotNTT.Com- Kampus Politeknik eLBajo Commodus kembali menggelar Focus Group Diskusi (FGD) tahap II. Dalam diskusi kali ini, mengangkat tema tentang “Penguatan SDM Unggul Melalui Vokasi dan Kolaborasi Pentahelix” yang diselenggarakan pada Selasa, 16 November 2021, di The Jayakarta Suites Komodo Flores, Labuan Bajo.

Pada sesi pertama kali ini, Forum Group Diskusi membahas topik Citra Vokasi Perguruan Tinggi Politeknik eLBajo Commodus dengan narasumber Noviana Halim selaku Ketua Yayasan Bangkit Anak Negeriku.

Noviana Halim dalam sesi itu menjelaskan, tentang keterkaitan dunia pendidikan vokasi yang mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia unggul dan berkolaborasi dengan pentahelix.

Selain itu Kepsek SMKN 3 Komodo Hortensia Herima, S.Pd juga menyampaikan bahwa saat ini minat masyarakat terhadap pendidikan Vokasi dinilai semakin meningkat dengan melihat prospek kerja yang lebih baik melalui pilihan jurusan yang sesuai dengan minat siswa.

BACA JUGA:  Gubernur VBL Dampingi Kunker Menteri PPN/Kepala Bappenas di Pulau Sumba

Sedikit berbeda dengan dua narasumber sebelumnya, Laila Chairi,salah satu narasumber yang juga Chief Bussiness Officer AFE Corps dan Dosen PKN STAN itu menilai, bahwa dalam rangka mewujudkan SDM unggul, hal dasar yang perlu dilakukan adalah merubah pola pikir pendidikan vokasi dari full skill ke level profesional dengan memanfaatkan media sebagai corong komunikasi publik.

Bussiness Meeting Industri dan Pendidikan Vokasi,

Pada sesi ini Forum Group Diskusi (FGD) menghadirkan narasumber Otto Purnawarman dari Tim Menara Vokasi Kemendikbudristek 2021. Otto dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa perlu adanya kurikulum yang fleksibel yang dirancang bersama industri ataupun komunitas daerah baik itu di tingkat SMK maupun Perguruan Tinggi agar terjadi keselarasan yang mendukung kolaborasi Pentahelix ini.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam pembentukan strategi komunikasi dan kolaborasi, tidak hanya sebatas pada Mou dan MoA saja, melainkan juga akan berkelanjutan ke tahap pelaksanaan dan pengawasan.

BACA JUGA:  Front Mbaumuku Peduli Covid Melakukan Penyemprotan Disinfektan Serta Pembagian Masker

Masih terkait ini, Sigit Endrasetyawan, General Manager Puri Sari Beach Hotel Labuan Bajo menyampaikan bahwa untuk mendukung penguatan SDM di Manggarai Barat, pihaknya sudah menjalankan Kelas Industri untuk siswa/iSMKN 1 Labuan Bajo.

Di akhir kegiatan FGD II ini, masing-masing unsur pentahelix dalam kelompok kecil mengambil langkah dengan menyusun program kerjasama yang telah disepakati dan nantinya akan dituangkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS).

Kegiatan FGD ini juga dihadiri oleh BP4D, BPS Mabar, Dinas Perindagkop, Kominfo Mabar, Disparbud, Disnaker Mabar, BPOLBF, BTN Komodo, Manager Denny’s Mart Group, Start-Up Noabike, ASNIKOM Mabar, SMKN 3 Komodo, SMK Stella Maris, SMKN 2 Komodo, SMKS Sadar Wisata, SMK Swakarsa, The Jayakarta Suites Komodo, UMKM New Eden Moringa, WWF Indonesia, Bumdes S. Kolang, Kades S. Kolang, Kades Wae Lolos, KP2KP Labuan Bajo, Perumda Bidadari, KPH Mabar, PT Pos Indonesia Labuan Bajo, PT. PLN, iDive Komodo, PT. Pelindo, HPI Mabar, Koperasi Tiba Meka Mandiri, UMKM Lipa Tenun, serta beberapa media local yaitu TVRI, Timor Express, Patroli Pos, VoxNTT, AFBTV Kupang, Victory News dan juga Kitaindonesia.com.(Red)*