Kamsudin Usman Gelar Reses Bahas Rencana Pembangunan 2021

Daerah

Reses yang berlangsung di Islamic Centre ini dihadiri oleh Camat Reok yang diwakili oleh Jukarnain Badarudin; Danramil 1612-03 Reok Totok Hariyanto; dan Lurah Reo Theobaldus Junaidin.

Turut hadir Kepala Puskesmas Reo, Muhamad Saleh, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, kelompok Pemuda dan undangan lainnya.

Ruteng, Sorotntt.com – Anggota DPRD Kabupaten Manggarai asal Dapil IV Kecamatan Reok, Kamsudin Usman menggelar Reses kali keempat di Kecamatan Reok, Senin 14 Desember 2020.

Pada kesempatan tersebut Kamsudin menjelaskan bahwa Reses ini merupakan Konsultasi Publik tentang Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Manggarai lebih khusus tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Dikatakannya, APBD yang ditetapkan pada tahun ini akan dikerjakan tahun 2021 sehingga sangat penting untuk dibahas melalui Reses agar aspirasi Masyarakat tentang pembangunan di Kecamatan Reok bisa masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah kedepan.

“Jadi final APBD ini jatuh pada tanggal 31 Desember 2020 sehingga dalam Reses hari ini kita usul soal pembangunan yang bisa dikerjakan tahun 2021 sesuai anggaran yang akan ditetapkan nanti” kata Anggota DPRD Fraksi PKS itu.

Lebih lanjut Perwakilan dari Camat Reok, Jukarnain Badarudin saat diberi kesempatan juga menyampaikan hal serupa.

Dikatakannya bahwa Reses yang dibuat oleh Kamsudin bertujuan untuk menyalurkan aspirasi Masyarakat tentang usulan pembangunan yang akan dikerjakan pada tahun 2021.

Dia pun menyamakan Reses ini sebagai sidang yang dilakukan oleh DPRD dihadapan Masyarakat.

“Selain diatur oleh Undang-undang, Reses ini juga salah satu bentuk kepedulian dan rasa cinta DPRD kepada Masyarakat sehingga Mereka turun langsung untuk mendengarkan aspirasi. Oleh karena itu pada kesempatan ini Saya mengajak Masyarakat untuk berbicara dan memberi usulan untuk Pa Kamsudin agar nanti bisa dibawa ke DPRD” tutur Badarudin.

Sementara itu Lurah Reo, Theobaldus Junaidin juga mengatakan bahwa Reses yang dibuat oleh Kamsudin Usman pada hari ini merupakan bentuk representasi aspirasi Masyarakat sehingga nanti bisa dibahas bersama di DPRD untuk dikerjakan pada tahun 2021.

Dia pun berharap agar materi Reses tentang APBD ini diperluas supaya peserta yang hadir dapat memberi usulan tentang pembangunan untuk Kecamatan Reok kedepan.

Theobaldus yang sudah 4 tahun menjabat sebagai Lurah Reo itu pun mengaku bahwa dirinya mencatat ada sebuah soal urgen di Masyarakat yang perlu diangkat dan diperjuangkan di DPRD, yakni tentang aspek legalitas persitifikatan tanah. Harapannya semoga DPRD dan Bupati Manggarai terpilih dapat menjadikan soal ini sebagai agenda penting untuk dibahas.

“Jujur Kami sebagai Lurah cukup kesulitan ketika di satu sisi Kami tidak memegang sertifikat. Oleh karena itu Kami berharap agar soal ini jadi catatan penting bagi DPRD dan Pemerintah” ujar Theobaldus.

Adapun beberapa usulan penting yang dibahas pada Reses itu, antara lain: Legalitas kepemilikan sertifikat tanah, persoalan kelangkaan BBM, pengelolaan sampah, peningkatan sarana prasarana untuk menunjang pariwisata, pengembangan industri perikanan di Reo, revitalisasi pengelolaan garam yodium, peningkatan sektor pertanian, mendorong kemajuan pendidikan dan lain-lain. (Berto Davids)