lomba-tari-kodim-1612-manggarai

Kegiatan Komsos Kreatif, Kodim Manggarai Gelar Lomba Tari

Daerah Flores

Ruteng, SorotNTT.com – Kodim 1612/Manggarai menggelar Komunikasi Sosial atau Komsos Kreatif di lapangan Makodim 1612/Manggarai, Jl. Banteng Kelurahan Mbaumuku, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Kamis (26/9/2019).

Bentuk Komsos itu berupa lomba tari tradisional, yang menceritakan heroik pahlawan daerah berperang sesuai kearifan lokal di wilayah Kodim 1612/Manggarai. Lomba tari ini diikuti oleh para pelajar setingkat SMA atau sederajat.

Adapun tema kegiatan Komsos Kreatif tahun 2019 ini “Melalui Kegiatan Komsos Kreatif Kita Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Berbangsa dan Bernegara Serta Menjaga dan Mempertahankan Kedaulatan NKRI” dan dibuka langsung oleh Komandan Kodim 1612/Manggarai, Letkol Inf Rudy Markiano Simangunsong, S. Sos.  

Komsos Kreatif ini digelar dengan tujuan untuk memelihara dan meningkatkan hubungan antara Prajurit TNI-AD dengan masyarakat umum, pelajar, siswa/siswi dan mahasiswa dalam rangka berpartisipasi dibidang pertahanan negara, membantu mengatasi kesulitan rakyat dan mendukung tugas pokok TNI-AD khususnya dalam pelaksanaan pembinaan teritorial, dengan mengangkat kesenian tradisional.

“Melalui kegiatan lomba ini kita dapat melestarikan kesenian tradisional, mengangkat kebudayaan daerah dan kearifan lokal lainnya yang ada di wilayah Manggarai, serta memberikan wadah kepada para pelaku dan seniman tari untuk bisa mengembangkan bakat serta kreasinya,” demikian ungkap Dandim 1612/Manggarai.

Kegiatan komunikasi sosial kreatif ini sebenarnya esensinya sudah disampaikan dalam bentuk tema yang tertulis salah satunya bagaimana melalui kegiatan ini kita bisa mencintai tanah air dan memiliki wawasan kebangsaan.

Dandim berharap, melalui lomba kesenian tradisional ini, generasi muda khususnya siswa/siswi SLTA sederajat di wilayah Kabupaten Manggarai, dapat berpartisipasi dibidang pertahanan negara dan kemajuan bangsa, melalui pelestarian kesenian tradisional, serta melalui kegiatan positif yang dapat membangun semangat belajar dan bekerja untuk mencapai sebuah prestasi sehingga melahirkan para generasi muda yang lebih unggul, sehingga negara menjadi maju serta semakin cinta dan bangga terhadap bangsa dan negaranya. 

“Melalui ajang lomba ini diharapkan akan semakin mempererat hubungan antara Prajurit TNI-AD, meneguhkan persatuan dan kesatuan serta semakin memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” pungkasnya. 

Dandim memberikan pesan, “Dalam perlombaan ini kalah dan menang bukanlah menjadi sebuah tujuan utama, namun bagaimana kita bisa mengambil sebuah pelajaran dari apa yang sudah kita kerjakan dan mengambil hal positif di dalamnya, karena menjadi juara bukan berarti “mengalahkan orang lain”. Karena konsepnya mengalahkan, maka kelak suatu saat juga akan terkalahkan,” sambungnya. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim dan para perwira staf serta anggota Kodim 1612/Manggarai, ketua beserta wakil Persit KCK Cab. XVII, para kepala sekolah peserta lomba, para ketua dan pengurus sanggar di wilayah Manggarai. 

Dari hasil perlombaan tersebut diketahui juara pertama diraih tim dari sekolah MAN 2 Manggarai, Juara Kedua diraih tim dari SMAN 1 Langke Rembong, dan Juara Ketiga diraih tim dari SMK Sadar Wisata Ruteng.

Laporan : Tim