Kegiatan Kreatif Kerajinan Tangan dari Bahan Bekas Mahasiswa STKIP PI Makassar

Mahasiswa KKL STKIP PI Makassar

BORONG, SorotNTT.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pembangunan Indonesia (PI) Makassar mengadakan kegiatan kreatif membuat kerajinan tangan dari barang bekas.

Kegiatan ini berlangsung di halaman sekolah SMA Pancasila Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin (6/5/2019).

Dalam keterangan tertulis yang diterima SorotNTT.com, salah satu mahasiswa KKL,  Selvi Jeliman  menuturkan bahwa kegiatan kreativitas kerajinan dari barang bekas ini melibatkan siswa kelas X di SMA Pancasila Borong.

“Kenapa ini diterapkan? Karena menurut  kami, hal ini merupakan salah satu program kerja yang sangat urgent. Apalagi dengan melihat realitas di sekitar, banyak barang bekas atau sampah yang dibuang begitu saja sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan,” kata Vhey, sapaannya.

BACA JUGA:  Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Manggarai Menyerahkan Paket Bantuan Kepada Nelayan
hasil-kerajinan-tangan-mahasiswa-KKL-STKIP-PI-Makassar
Beberapa contoh hasil kegiatan kreatif membuat kerajinan tangan dari barang bekas Mahasiswa KKL STKIP PI Makassar di SMA Pancasila Borong, Matim. (Foto: Doc. STKIP PI)

Menurut Vhey, Kepala Sekolah SMA Pancasila Borong, Romo Hermen sempat memberikan komentar bahwa kegiatan ini sungguh inovatif, kreatif dan produktif.

“Inovatif karena berhasil memanfaatkan sebagai bahan baku untuk produksi kerajinan tangan. Saya melihat hal ini sebagai suatu inovasi,” kata Selvi lagi.

Disebut kegiatan yang kreatif karena kegiatan ini menghasilkan sesuatu yang baru, seperti boneka, bunga dan lain-lain. Kegiatan ini melibatkan banyak orang dan menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang unik dan bisa dipasarkan.

BACA JUGA:  Hujan Tidak Surutkan Niat Kasiops Kolakops Satgas Pamtas RI-RDTL Tinjau Patok Perbatasan

“Maka dari itu, kami berinisiatif untuk bagaimana mengelola barang bekas menjadikan barang yang lebih produktif dan bisa dipasarkan dengan nilai jual yang tinggi,” jelasnya.

Diketahui, mahasiswa STKIP PI Makassar melakukan kegiatan KKL di Kabupaten Manggarai Timur terhitung dari 15 Maret 2019 yang lalu.

Selain melakukan kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat, mereka juga melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) tingkat siswa yang dihadiri oleh siswa SMA Pancasila Borong.

BACA JUGA:  55 Peserta UN SMPN I Sambi Rampas Dipungut Biaya

Laporan : Lalong Ferdinandus