Kehadiran Gubernur Viktor Laiskodat  di Sambut Dengan Gembira dan Gendongan Warga Mabar

Daerah

Labuan Bajo, SorotNTT.Com-Kehadiran Gubernur NTT VictorBungtilu Laikodat(VBL) di sambut Masyarakat di Dusun Tondongnara, desa Mbuit, kecamatan Boleng, Manggarai Barat, dengan gembira dan mendapat kado gendongan dari warga di Kampung itu, Jumat (4/9/2020).

Secara spontan Mereka mengangkat dan menggendong Viktor Laiskodat karena kebijakan membangun jalan Aspal di kampung mereka.
Viktor Laiskodat disebut sebagai gubernur pertama yang mau melakukan kebijakan membangun jalan beraspal di wilayah itu.

“Baru kali ini wilayah kami bisa menikmati aspal karena selama ini, jangankan aspal, jalan rabat saja tidak pernah sampai di wilyah kami ini khusus di wilayah kampung Berheleng dan Kondi sampai pertigaan Lando, baru kali ini ada aspal yang masuk,” cerita beberapa warga yang ada di lokasi itu.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat telah menaruh perhatian besar untuk masyarakat di kampungnya. Alasan ini yang akhirnya membuat  beberapa warga lainnya di kampung itu nekat mengangkat dan menggendong gubernurnya.

“Kami senang sekali sampai kami gendong pak gubernur dan kami mau supaya pak Viktor Laiskodat bisa jadi gubernur NTT sampai dua periode karena beliau sangat membantu kami masyarakat di sini dengan membangun jalan kami,” ujar Aventinus, salah satu warga dikampung itu.

Dari informasi yang didapat bahwa kampung Cangkang, Rendeng Lawe, Betung dan kampung Kaca yang masuk wilayah desa Goloketa, kabupaten Mabar juga mengalami kondisi jalan yang amat sulit.

Padahal beberapa wilayah itu memiliki beberapa hasil Komoditi-komoditi yang melimpah, seperti Padi, Coklat, Jambu Mente dan Kacang Hijau. Akibatnya, warga kesusahan memasarkan hasil pertaniannya keluar.

“Kalau kami jual ke Labuan Bajo berarti jalan dari Mbuit ke sana sampai 6 jam. Kalau dari sini dan bawa hasil ke Ruteng maka lama perjalanan sampai 12 jam. Tapi setelah jalan sudah bagus seperti sekarang maka ke Labuan Bajo hanya 1 jam dan ke Ruteng hanya 3 jam sudah sampe,” Kenang Aventinus.

Senada disampaikan Theresia Dam (58) yang mengaku senang dengan pembangunan jalan di kampungnya oleh pemerintah provinsi.

Viktor Laiskodat (Pakai Masker) saat hendak Digendong warga di desa Mbuit
Theresia adalah salah satu warga yang telah menanti kehadiran gubernur NTT di kampung itu. Theresia memang telah berencana untuk secara langsung memberikan ungkapan terima kasih kepada Viktor.

“Saya baru pulang dari pasar Lando dan dengar kepala desa bilang hari ini Gubernur sampai di kampung kita, makanya saya tunggu dari tadi untuk peluk dan cium pak gubernur sebagai ungkapan terima kasih,” ujar Theresia.

Gubernur Viktor Laiskodat hadir di lokasi pembangunan jalan itu untuk memastikan proses pekerjaannya berjalan baik. “Kita mau memastikan bahwa dalam kepemimpinan ini, seluruh infrastruktur jalan provinsi di NTT sudah tuntas dikerjakan,” kata Viktor ketika di desa Mbuit.

Panjang jalan yang sementara dibangun di wilayah itu adalah 26 km dengan anggaran 75 miliar. Sedangkan, total jalan provinsi yang saat ini tengah digenjot pembangunannya oleh pemerintah dan ditargetkan seluruhnya rampung pada tahun 2021 adalah sepanjang 906 km dari total seluruh jalan provinsi sepanjang 2.650 km.

Viktor Laiskodat dalam kunjungannya itu didampingi beberapa staf khusus, diantaranya Pius Rengka, Anwar Pua Geno, Thony Pekudjawa, Rocky Pekudjawa, Thony Djogo dan David Pandie.

Beberapa pejabat teras NTT juga hadir seperti Kadis PUPR, Maxi Nenabu, Karo Humas, Marius Jelamu, Bartol Badar serta staf ahli gubernur, Ferdy Kapitan.*