Orientasi dan pelatihan Tim Penggerak PKK Matim

Kehadiran Tim Penggerak PKK Turut Membantu Pemda

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT..com – Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan wadah peran serta masyarakat dalam pembangunan yang menempatkan wanita sebagai motor penggerak.┬áDemikian diungkapkan Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH, M.Hum saat membuka kegiatan “Orientasi dan Pelatihan Program PKK bagi Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan Kecamatan Borong dan Rana Mese Tingkat Kabupaten Manggarai Timur” yang berlangsung di Hotel Embun Pagi, Jumat (31/05/2019).

“Apabila disimak kiprah PKK dengan 10 Program Pokok PKK, menurut saya, program-program tersebut telah menyentuh segi-segi esensi dalam kehidupan keluarga dan telah menjangkau sebagian besar keluarga di desa, termasuk desa-desa terpencil,” jelas Agas.

Kata dia, dengan semakin berkembangnya kegiatan PKK membawa konsekuensi akan perlunya tenaga-tenaga potensial ini untuk dapat menggerakkan PKK sehingga kegiatan membudaya dalam masyarakat di Kabupaten Manggarai Timur.

Saat ini, lanjutnya, kita dihadapkan dengan aneka permasalahan sosial, ekonomi, sumber daya manusia dan masih banyak masalah lainnya, sehingga kehadiran Tim Penggerak PKK akan turut membantu Pemerintah Daerah terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan keluarga dan akan berimbas pada pemberdayaan masyarakat.

Tim Penggerak PKK Kecamatan Borong dan Ranamese
Peserta kegiatan “Orientasi dan Pelatihan Program PKK bagi TP-PKK Desa/Kelurahan Kecamatan Borong dan Rana Mese Tingkat Kabupaten Manggarai Timur” yang berlangsung di Hotel Embun Pagi, Jumat (31/05/2019). (Foto: FL/SorotNTT)

Agas mengungkapkan, pada era otonomi seperti sekarang ini, dukungan dan peran serta masyarakat melalui organisasi sosial kemasyarakatan sangat dibutuhkan.

Seandainya, lanjut Agas, 10 Program Pokok PKK ini dapat dilaksanakan semangat keluarga, maka kondisi ini akan memacu masyarakat untuk sampai pada tahap demikian maka permasalahan sosial keluarga secara perlahan dapat diatasi.

Agas mengungkapkan, upaya untuk mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas merupakan bagian dari fungsi PKK, oleh karena tugas utama Tim Penggerak PKK adalah melakukan segenap upaya untuk meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dalam semua bidang kehidupan terutama dalam bidang ekonomi, kesehatan, sosial budaya dan lingkungan hidup sejahtera.

“Kita semua menyadari bahwa tenaga-tenaga yang bekerja untuk PKK saat ini masih perlu ditingkatkan daya kreativitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” jelas Agas

Kata dia, salah satu sarana untuk menumbuhkembangkan pengetahuan dan kreativitas Tim Penggerak PKK adalah melalui pelatihan di semua tingkat kepengurusan PKK baik dari tingkat kabupaten sampai ke lingkungan desa.

Agas mengungkapkan, dengan meningkatnya pembangunan maka meningkat pula peranan dan tanggung jawab PKK, sehingga dengan demikian maka dipandang sangat perlu peningkatan pengetahuan dan keterampilan para kader PKK.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para ketua dan sekretaris serta seluruh pengurus PKK desa/kelurahan untuk dua kecamatan, yakni Borong dan Ranamese yang hadir pada pelatihan untuk gelombang pertama hari ini,” ungkapnya.