Air Terjun Ngabatata di Nagekeo, Flores

Keindahan Alam Air Terjun Ngabatata di Desa Rendubutowe

Flores Wisata

NAGEKEO, SorotNTT.com – Air terjun Ngabatata nama yang tidak asing lagi bagi masyarakat Nagekeo. Air terjun yang terletak di Kabupaten Nagekeo, Kecamatan Aesesa Selatan, Desa Rendubutowe tepatnya di Dusun Roga-Roga ini semakin banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan lokal pasca kegiatan perkemahan anggota Orang Muda Katolik (OMK) Kevikepan Bajawa dan juga postingan-postingan gambar keindahan alamnya di media sosial.

Jarak menuju air terjun Ngabatata dari kampung Roga-Roga kurang lebih 1 km. Dalam perjalanan, pengunjung melewati padang safana dengan udara bersih dan sejuk, sembari menyaksikan ternak-ternak warga, seperti sapi bali, kerbau, dan kuda yang sedang merumput.

Onesimus Rae, salah satu anggota OMSATA (Orang Mudah Sadar Wisata) Desa Rendubutowe sangat optimis ketika wisatawan yang mengunjungi Ngabatata betah berada di sana karena keindahan alam di sekitar air terjun.

wisatawan air terjun Ngabatata
Wisatawan lokal yang mengunjungi air terjun Ngabatata.

“Saya sangat yakin ketika teman-teman pencinta wisata berkunjung ke tempat ini akan merasakan suasana yang nyaman dan bahagia karena terbius dengan keindahan air terjun yang dengan ketinggian kurang lebih 82 meter. Di tempat ini bisa dilakukan perkemahan atau permandian karena dengan hamparan pasir yang luas persis berada di depan air yang jatuh,” katanya.

Di sekitar air terjun terdapat batu-batu cadas, seperti ada ukiran-ukiran yang menghiasi tebing-tebing lembah Ngabatata. Selain itu persis di tengah tebing samping air terjun terdapat telaga Tata. Suara desiran air terjun dan dinginnya udara di lembah ini membuat pengunjung untuk lebih lama bersantai menikmati keindahan alam.

Keindahan alam di sekitar air terjun Ngabatata
Keindahan alam di sekitar air terjun Ngabatata

Selis Lado Lara toko muda asal Labolewa,  menyebut tempat ini sebagai surga yang tersembunyi. Ia menyayangkan kalau tempat ini belum sepenuhnya mendapat perhatian dari pihak pemerintah daerah setempat.

“Saya berharap Pemda Nagekeo segera merespons keindahan alam air terjun, dengan membuka akses jalan menuju tempat wisata. Karena bukan tidak mungkin ketika sudah punya infrastruktur yang baik pengunjung wisatawan lokal akan terus meningkat. Sehingga retribusi bisa dilakukan, dan ini akan berdampak pada peningkatan PAD Desa Rendubutowe dan pendapatan ekonomi warga sekitar,” ungkap Selis. (Yanto)