I Nyoman Samuel - Kanit Reskrim Polsek Borong Matim

Kepolisian Siap Menerima Laporan Masyarakat Terkait Pelanggaran Pemilu

Daerah Flores

BORONG, SorotNTT.com – Inilah beberapa hal penting yang disampaikan oleh Kanit Reskrim Polsek Borong, I Nyoman Samuel kepada masyarakat Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam kegiatan sosialisasi pemilu bersama Bawaslu Matim.

Kegiatan dengan tema “Sosialisasi Kerja Sama Pengembangan Partisipatif Pemilu Tahun 2019” tersebut diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) di Hotel Gloria, Toka, Desa Nanga Labang, Senin (8/4/2019).

Dalam pemaparannya I Nyoman Samuel menjelaskan tentang kesiapan pihak kepolisian dalam menyukseskan Pemilu tahun 2019 yang akan datang, salah satunya adalah dengan melakukan sosialisasi sejak masa kampanye dimulai. Sosialisasi yang dilakukan pihak kepolisian mulai dari tingkat paling bawah, yakni Polsek, Mapolres, hingga Polda secara serentak.

Pihak kepolisian juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keamanan pemilu yang digelar pada tanggal 17 April mendatang di Kabupaten Manggarai Timur.

“Dari pihak kepolisian, baik dari tingkat pusat hingga tingkat Kapolsek kita selalu melakukan patroli lebih khusus di tempat-tempat yang sangat rawan dengan tindakan pelanggaran,” terang Samuel.

Samuel menegaskan bahwa pihak kepolisian sudah melakukan pendataan dan pemetaan di TPS yang dianggap paling rawan. Dimana, suatu kejahatan akan bisa terjadi manakala kita lengah.

“Dari pihak Kepolisian, kami mengajak semua lapisan masyarakat untuk selalu waspada, sekecil apa pun kejadiannya, tolong informasikan kepada kami,” pinta Samuel.

Pihak kepolisian sangat mengharapkan kerja sama dari Pemerintah Daerah, penyelenggara pemilu, masyarakat, dan petugas keamanan untuk sama-sama menjaga keamanan pemilu ini.

“Pemilu akan berjalan aman dan lancar apabila semua komponen dalam masyarakat bisa mengambil perannya dalam menjaga keamanan,” cetusnya.

Diberitakan sebelumnya, kegiatan sosialisasi pemilu ini dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Matim, Zakarias Gara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kanit Reskrim Kapolsek Borong, Danramil Borong, Remaja Mesjid (Remas), Orang Muda Katolik (OMK), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta insan pers.

Laporan:  Ferdinandus Lalong