Kerumunan Massa di BRI Cabang Ruteng dan Unit Motang Rua, Berpotensi Klaster Baru Covid-19

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com – Ribuan orang berkumpul di Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia(BRI) Cabang Ruteng dan BRI Unit Motang Rua, Senin (21/12/2020). Mereka yang datang berasal dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Manggarai.

Masa yang berkumpul dan menyemut tersebut adalah Pelaku usaha kecil menengah mikro (UMKM) di Kabupaten Manggarai yang mendapat Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dna Menengah (Kemenkop).

BPUM adalah bantuan kepada pelaku UMKM selama pandemi Covid-19. Adapun besarannya adalah Rp 2,4 juta dan diberikan dalam sekali pencairan.

Pantauan media ini massa mulai berkumpul sejak pagi, dan selanjutnya mengantri didepan gedung BRI Cabang Ruteng dan BRI Unit Motang Rua tersebut, tanpa mengikuti protokol kesehatan.

Salah satu warga penerima BPUM yang tidak mau disebutkan namanya menyampaikan bahwa mereka sudh ada di depan BRI Cabang Ruteng sejak pagi dan sekarang sudah mengantri sekitar 2 jam.

Kami disini pasti sampai sore, karena terlalu banyak orang yang mengantri, kami hanya menunggu nama kami dipangil.

Petugas yang melayani massa kelihatanya cukup mengalami kesulitan, apalagi dengan kondisi massa yang begitu banyak, dan saling berdesakan, sungguh pemandangan yang sangat menguatirkan.

Marsel warga kota Ruteng , yang melintas ditempat kejadian merasa prihatin dengan kerumunan massa tersebut, apalagi dengan masih menguatirkanya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Manggarai saat ini.

Apa tidak ada cara atau mekanisme lain, apa harus membiarkan massa berdesakan begini cara pembagian uang bantuan ini, tanya mereka.

Pemerintah dan aparat keamanan harusnya bisa mengambil langkah antisipasi agar tidak terjadi pengumpulan massa yang sangat besar begini, tutur Marsel.

Media ini berusaha untuk mengkonfirmasi pihak BRI terkait kerumunan massa ini, namun pihak keamanan dari kepolisian yang berjaga di BRI Cabang Ruteng menyampaikan, pihak BRI masih sangat sibuk.