Ketua Ladikum: Proyek Propinsi Saluran Irigasi Wae Ces Empat, Diduga Kerja Asal Jadi

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com- Ketua Lembaga Advokadi Demokrasi dan Kebijakan Umum(Ladikum),Salesius Kantur angkat bicara terkait pengerjaan proyek Irugasi Wae Ces Empat, yang diduga kerja asal jadi.

Proyek saluran Irigasi Wae Ces empat ini letaknya di Karot, Kelurahan Karot, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, NTT.

Proyek yang bersumber dari APBD Propinsi NTT tahun 2020 ini dikerjakan oleh CV Elischa Jaya dengan pagu anggaran sekitar 2 Milyar.

Kepada Media ini, Salesius menyampaikan kekecewaanya atas kualitas pengerjaan irigasi ini, dimana baru selesai dikerjakan, namun sudah rusak kembali.

Kuat dugaan mutu kerja sangat rendah, sehingga irigasi ini mudah rusak, tutur Salesius.

Pihak konsultan pengawas juga kinerjanya perlu dipertanyakan terkait hal ini, sebab kalau sering diawasi maka mutu kerja itu pasti terjamin, ini diluar yang kita bayangkan.

Kami sebagai masyarakat NTT yang berdomisili di Kabupaten Manggarai sangat menyayangkan hal ini.
Kita meminta pihak terkait untuk segera membenahi proyek ini, cek ulang, kalau ada indikasi rusak lagi ya, segera diperbaiki, tegas Salesius.

Kalau perlu pihak penegak hukum lakukan penyidikan atas pengerjaan proyek ini, sehingga kehadiran uang negara tidak sia-sia ditengah masyarakat, tutup Salesius.

Ketika awak media melakukan peninjauan kelapangan yang kedua kalinya Rabu 2 Februari 2020, didapati fakta bahwa, telah terjadi kerusakan pada 2 titik, serta longsoran dititik yang lainya.

Kerusakan yang ada diperkirakan mencapai sekitar 30 meter, dan ada kemungkinan akan terjadi kerusakan lagi kalau tidak segera diperbaiki.

Kuasa Direktur CV Elischa Jaya, ketika dikonfirmasi media ini menyampaikan bahwa mengenai kerusakan yang terjadi tersebut akan kita perbaiki, sambil menunggu cuaca yang membaik.

Pekerjaan ini sudah kita selesaikan sekitar bulan september yang lalu, dan sekarang masih dalam tahap pemeliharaan.

Terpisah PPK saluran irigasi Wae Ces yang dimintai pendapatnya juga menyampaikan bahwa kerusakan tersebut akan diperbaiki kalau cuaca baik kembali.