Kodim 1612/Manggarai menggelar apel persiapan pengamanan Pilpres dan Pileg 2019

Kodim 1612/Manggarai Apel Gelar Latihan Pengamanan Pileg & Pilpres

Daerah Flores

Apel gelar pasukan ini berlangsung di lapangan Makodim 1612/Manggarai dan dipimpin langsung oleh Dandim 1612/Manggarai, Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos. dengan tema “Kodim 1612/Manggarai Melaksanakan Latihan Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden di Wilayah Nusa Tenggara Timur Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Korem 161/Wira Sakti “, terdiri dari 3 Peleton Anggota jajaran Kodim 1612/Manggarai,  selaku Komandan Upacara Lettu Inf Jainudin, Perwira Upacara Kapten Inf.  I Gede Putu W. Mahardika,  dan Inspektur Upacara Letkol Inf Rudi M. Simangunsong, S.Sos.

Amanat Danrem 161/Wirasakti yang dibacakan inspektur upacara menyebutkan sasaran kuantitatif pelaksanaan latihan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 ini adalah seluruh anggota Korem 161/Wirasakti sedangkan sasaran kualitatifnya, pertama terwujudnya kesiapan satuan jajaran Kodam Udayana di wilayah Korem 161/Wirasakti; kedua, terwujudnya sinergitas antara instansi terkait dengan Polri dan Pemda setempat; ketiga terwujudnya sistem komando kendali komunikasi dan informasi; keempat, meningkatkan kemampuan teknik prosedur dan mekanisme pemberian bantuan kepada Pemda dan Polri; kelima, meningkatnya kemampuan teknik prosedur dan mekanisme pemberian bantuan pada Pemda dan Polri; keenam, meningkatnya pemahaman prosedur dan mekanisme permintaan dan pemberitahuan bantuan kepada Pemda dan Polri dalam rangka melaksanakan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019 di wilayah Bali Nusra; ketujuh, terwujudnya kesiapsiagaan pasukan untuk melaksanakan pengamanan pemilu legislatif dan presiden tahun 2019; kedelapan, terwujudnya kerja sama yang baik antara satuan jajaran Kodam IX/Udayana dengan Pemda dan Polri.

apel gelar latihan pengamanan pilpres pileg Kodim 1612/Manggarai
Persiapan pengamanan penyelenggaraan Pilpres & Pileg 2019 di Makodim 1612/Manggarai.

Di kesempatan lain Dandim 1612/Manggarai mengatakan “Kegiatan ini penting dilaksanakan untuk mengantisipasi segala bentuk potensi ancaman dan kerawanan yang dapat terjadi oleh ulah oknum atau kelompok tertentu yang cenderung memanfaatkan situasi untuk memperjuangkan kepentingannya tanpa mempertimbangkan aspek keamanan. Hal ini dapat mempengaruhi kelancaran atau menggagalkan pemilihan legislatif dan pilpres tanggal 17 April 2019,” pungkasnya.

Ia berharap dengan terselenggaranya latihan ini para prajurit Kodim 1612/Manggarai dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang andal serta terwujudnya sinergitas antara instansi terkait dalam melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda maupun Polri sehingga pemilu berlangsung aman, tertib, dan kondusif.

Kodim 1612/Manggarai menggelar apel persiapan pengamanan pilpres dan pileg 2019
Kodim 1612/Manggarai menggelar apel persiapan pengamanan Pilpres & Pileg 2019 di lapangan Makodim 1612/Manggarai

“Pengamanan Pileg dan Pilpres dilaksanakan secara bersama TNI-POLRI sebagai wujud sinergitas kita di lapangan untuk menjaga keamanan wilayah, khususnya Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur,” jelasnya.

Materi yang akan diberikan dalam latihan PAM ini meliputi Komsos Bintahwil, penanggulangan kerusuhan massa, penanganan konflik sosial, PAM obyek vital, prosedur pengerahan pasukan, PAM Pemilu, komunikasi dan informasi, serta aplikasi pengawasan pemilu. (TIM)