Kodim 1612 Manggarai perang melawan narkoba

Kodim 1612/Manggarai Berperang Melawan Narkoba

Daerah Flores

RUTENG, SorotNTT.com – Genderang perang melawan peredaran dan penyalahgunaan narkoba terus ditabuh. Tak terkecuali oleh TNI. Mengingat hal tersebut, Kodim 1612/Manggarai menyatakan siap perang terhadap barang haram tersebut, sekalipun menjerat anggotanya.

Salah satu cara selain rutin melaksanakan kegiatan penyuluhan bahaya narkoba dan tes urine bagi anggota Kodim 1612/Manggarai, kegiatan juga berupa pemasangan spanduk ataupun baliho bertema “Perang Terhadap Narkoba”.

Dandim 1612/Manggarai, Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos., Senin (29/4/19) menyatakan, pihaknya terus memantau anggotanya guna memastikan bersih dari penggunaan narkoba.

“Kita selalu melakukan pemeriksaan secara berkala. Walau kita sadar, tidak menutup kemungkinan ada anggota yang terindikasi,” kata Dandim.

Kodim 1612 perangi narkoba

Namun, menurut hasil pengecekan yang selama ini dilakukan, belum ada anggotanya yang melakukan perbuatan tersebut ataupun positif menggunakan narkoba. Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos, meminta kepada seluruh pihak agar segera melaporkan jika menemukan anggota Kodim 1612/Manggarai terlibat langsung menggunakan narkoba.

“Ini harus terus kita pertahankan. Jika ada laporan, saya akan tindak lanjuti langsung,” ujarnya.

Dikatakan lagi, jika ada anggotanya melakukan tindakan tersebut, sesuai dengan komitmen Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP kepada seluruh jajarannya akan memberikan sanksi berat terhadap anggota TNI di jajaran Kodam Udayana yang terbukti menggunakan narkoba.

“Prajurit Kodim 1612/Manggarai, idealnya bisa memberikan kontribusi dalam upaya memerangi narkoba, bukan justru terlibat. Jika terjadi, sanksi berat menanti,” tegas Rudy.

Sebagai bentuk pencegahan, kata Dandim lagi, selain tindakan persuasif dan preventif, pihaknya mengajak masyarakat Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur untuk tanggap dan sadar terhadap bahaya laten narkoba.

“Saya juga mengimbau, kepada Babinsa jajaran, untuk mengupayakan kampung binaannya bersih dari narkoba. Sosialisasi di sekolah-sekolah juga perlu. Hal tersebut mengantisipasi terjerumusnya remaja pada barang haram tersebut,” pinta Dandim.

Menurut Rudy, tindakan sosialisasi lain yang mereka lakukan berupa pengumuman melalui spanduk-spanduk yang dipasang di beberapa titik terutama di Kantor Koramil jajaran dan Makodim. (*)