anggota kodim 1612/manggarai

Kodim 1612/Manggarai Turut Menjadi Pelopor dalam Kegiatan Deklarasi Kebersihan di Kota Ruteng

Daerah Flores

RUTENG, SorotNTT.com – Anggota Kodim 1612/Manggarai ambil bagian dalam kegiatan Deklarasi dan Aksi “Ruteng Perangi Sampah” yang diinisiasi oleh GMPS (Gerakan Masyarakat Peduli Sampah) Ruteng -Manggarai Jumat (25/1/19).

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Manggarai  Dr. Deno Kamelus, S.H, M.H di Lapangan Motang Rua ini, dihadiri oleh Wakil Bupati Manggarai Drs. Viktor Madur, Dandim 1612/Manggarai Letkol Inf. Rudy M. Simangunsong, S.Sos., Kapolres Manggarai AKBP Cliffri Steiny Lapian, SIK., Kajari Ruteng  Drs. Sukoco, S.H, perwakilan BRI, OPD (Organisasi Perangkat Daerah), ASN Setda Manggarai, Ormas, LSM, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, anggota Kodim 1612/Manggarai, anggota Polres Manggarai, anggota Persit Kodim 1612/Manggarai, para pelajar serta perwakilan para pelaku usaha dan pedagang pasar.

Aksi ini dikoordinatori oleh Firansius Kamilus Otwin Wisang, S.Sn. dengan total peserta kegiatan sekitar 1500 orang.

Anggota Kodim 1612 Manggarai ikut serta dalam aksi membersihkan kota Ruteng
Peserta aksi “Ruteng Perangi Sampah”

Dalam sambutannya Bupati Manggarai menyampaikan, “Tema HUT Proklamasi 2018 kemarin yakni “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Tema ini masih relevan, kalau kita mau berprestasi harus bekerja, ini satu contoh kerja sama dan sama-sama bekerja. Lewat kegiatan ini saya meminta, agar warga masyarakat Manggarai membiasakan hidup bersih, jangan membuang sampah sembarangan. Kita tidak bisa hanya berpangku pada sekelompok orang atau organisasi saja dalam mengatasi persoalan sampah. Kebersihan lingkungan dan persoalan sampah harus kita tanamkan dari yang paling kecil, yakni pada diri kita sendiri kemudian keluarga!” tegasnya.

“Ruteng adalah rumah sekaligus wajah kita, kita semua tidak ingin wajah kita menjadi kotor dan kumuh. Mulai hari ini dan melalui kegiatan ini juga, kita harus memiliki komitmen tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Apabila semua ini didasari atas kesadaran dari dalam diri kita masing-masing, saya yakin kota ini akan bersih mulai hari ini sampai seterusnya.” lanjut Deno.

Anggota Kodim 1612 membersihkan kota Ruteng
Anggota Kodim 1612/Manggarai dalam aksi membersihkan kota Ruteng

Sebelum acara pokok dimulai yakni membersihkan seputaran kota Ruteng, Pasar Inpres dan pusat pertokoan, terlebih dahulu dibacakan sebuah komitmen bersama yang dibacakan oleh Laurensius Guntur dan diikuti oleh ribuan peserta aksi. Berikut isi daripada komitmen tersebut.

“Berkomitmen penuh memerangi sampah yang ada di kota Ruteng, berkomitmen penuh menjadikan kota Ruteng sebagai rumah bersama yang bersih dan asri, berkomitmen menyediakan tempat penampungan sampah dimulai dari rumah tangga, tempat usaha, instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan rumah ibadah, mendorong semua elemen masyarakat untuk bergerak bersama dalam mengatasi masalah sampah, mendukung penegakan hukum terhadap Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2013 tentang Pengolahan Sampah”.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan deklarasi oleh Bupati Manggarai, Wakil Bupati Manggarai, Dandim 1612/Manggarai, Kapolres Manggarai, Kejari dan peserta aksi lainnya. (TIM)