Kodim 1622 Alor Gelar Komsos Dengan Komponen Lainnya

Daerah

Kalabahi, SorotNTT.Com- Kodim 1622/Alor mengajak sanggar seni dan budaya Kenari Alor pimpinan Ibu Ani Manikita, ikut terlibat dalam kegiatan Komsos Dengan Komponen Bangsa Lainnya, bertemakan “Menjaga keutuhan dan kemajuan bangsa dalam bingkai NKRI”, yang digelar bertempat di lapangan Volly Kodim 1622/Alor, Jl. Sutomo, Kel. Kalabahi Kota, Kec. Teluk Mutiara, Kab. Alor, Selasa (27/10/2020).

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada komunitas Sanggar Seni Budaya Kenari Alor karena sudah ikut dalam membangun kaum muda Alor. Sebagai salah satu sanggar yang membina anak-anak remaja tidak hanya mengenal dan memberikan hasil dari pekerjaan seni ini sendiri, namun ikut melestarikannya sebagai unsur kebudayaan, serta turut serta membantu kemajuan peradaban kebudayaan itu sendiri.

Dandim menjelaskan bahwa, sesuai dengan UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, tugas pokok TNI yakn tugas Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Disini kami (Kodim) ingin mendorong kemajuan seni dan budaya seperti salah satunya Sanggar Kenari Alor melalui OMSP.

Kabupaten Alor sebagai daerah 3T merupakan daerah tertinggal, terdepan dan terluar di Indonesia, menjadi gerbang tapal batas laut antara Indonesia dengan RDTL. Memang kita sadari bahwa, pertumbuhan ekonomi menjadi terhambat dikarenakan pembangunan infrastruktur yang belum merata. Namun disisi lain, Alor ini menyimpan keelokan yang luar bisa yang tidak dimiliki oleh daerah lain.

Salah satu keelokan itu diantaranya, kekayaan budaya yang menjadi ciri khas dan keunikan bagi daerah ini. Kearifan lokal serta adat dan budaya masih sangat di junjung tinggi di Alor. Untuk mengembangkan potensi seni budaya yang ada, maka Kodim 1622/Alor mencoba menjalin kerjasama dengan Sanggar Kenari Alor.

“Tentu saja untuk mencapainya, dibutuhkan kerjasama dan kesadaran kita sebagai sesama anak bangsa, saling bahu membahu majukan seni budaya daerah yang sudah dirintis oleh Sanggar Kenari Alor dimana kita upayak melalui program kerja Kodim 1622/Alor”, kata Supyan.

Ditengah pandemi Covid-19, Dandim jelaskan bahwa para pekerja seni budaya ikut menjadi imbas juga ikut berdampak. Karena itu Kodim 1622/Alor mencoba mempromosikan melalui media online, media sosial dan sebagainya sehingga dengan cepat diakses oleh semua orang, walau terbatas namun masih bisa terus berkarya, tutup Supyan.

(Jef/tim)