Heremias Dupa, Anggota DPRD Matim dari Partai PAN

Komentar Anggota DPRD Terkait Pidato Perdana Bupati Matim

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com- Usai Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda tunggal Penyampaian Pidato Perdana Bupati Manggarai Timur (Matim) periode 2019-2014 yang diselenggarakan di Gedung DPRD Matim, Kamis (27/2/2019) mendapat tanggapan atau komentar dari Anggota DPRD.

Heremias Dupa, salah satu Anggota DPRD Matim dari Partai Amanat Nasional (PAN) ketika dimintai tanggapan SorotNTT.com di Gedung DPRD Matim menjelaskan, gambaran umum tentang daerah ini selama lima tahun ke depan, sudah digambarkan saat pidato perdana Bupati Matim.

Mimpi MATIM-SEBER, kata Heremias, itu sudah pelan-pelan diupayakan dan digambarkan pelan-pelan. Mimpi Bupati terpilih sudah digambarkan dan target kerja lima tahun sudah digambarkan.

“Mulai dari kesejahteraan dalam bidang ekonomi, infrastruktur, pendidikan dan kesehatan sudah disampaikan serta Pesan Politik persaudaraan sudah disampaikan. Sebagai anggota DPRD, saya mengapresiasi dimana secara substansil soal konsep mau dibawa ke mana daerah ini selama lima tahun dan seperti apa kerjanya, itu sudah menjadi kerangka berpikir dari seluruh elemen atau stake holder,” ucapnya.

Saat ditanya bagaimana Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Manggarai Timur? Heremias mengatakan, dengan angka yang begitu rendah tentunya menjadi arah fokus pembangunan ke depan. Baik dari segi anggaran maupun dari segi kebijakannya.

“Kita bersyukur karena Bupati Matim memulai dari angka tidak sukses itu. Tidak sukses bukan berarti pesimis. Kita optimis karena angka ini akan dijadikan data awal untuk disikapi secara bersama. Baik secara politik maupun secara kelembagaan ditingkat kebijakan dilingkup pemerintah,” terangnya.

Heremias menambahkan, angka ini tidak bisa dibohongi, karena ini menjadi hak publik. Informasi ini menjadi data awal bersama sehingga data itulah menjadi titik fokus utama kebijakan pemerintah.

“Kalau bicara kebijakan berbasis angka, kita harus bicarakan dengan kondisi sekarang ini. Lalu digambarkan posisi lima tahun ke depan seperti apa? Kondisi yang mau kita capai lima tahun ke depan seperti apa? itu sudah digambarkan. Sehingga titik startnya dan titik akhirnya harus ada”, ujar Politisi PAN ini.

“Poin kebijakan Bupati sangat bagus. DPRD kan mau menggolkan kebijakan ini bukan mau menghadirkan gambaran atau konsep yang baru lagi.” tutupnya.

Laporan: Ferdinandus Lalong