Pertemuan Komnas HAM dengan warga

Komnas HAM Lakukan Investigasi Dua Kasus di Nagekeo

DaerahFlores

MBAY, SorotNTT.com – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengunjungi wilayah Kabupaten Nagekeo pada hari Rabu (22/5/2019).

Kunjungan lembaga independen yang mengurusi soal perlindungan hak asasi manusia bertujuan untuk melakukan kajian, perlindungan, penelitian, penyuluhan, pemantauan, dan investigasi terhadap persoalan-persoalan pelanggaran hak asasi manusia di Nagekeo.

Dalam pantauan media, empat orang staf Komnas HAM yang membidangi Deputi Pengaduan datang ke Mbay ibu kota Kabupaten Nagekeo yang dikoordinir oleh Gatot Ristanto bertemu langsung warga yang ulayatnya digunakan untuk membangun kantor DPRD Nagekeo dan warga terkena dampak waduk Lambo.

Kunjungan mereka ke Nagekeo yang berhasil dihimpun media lebih khusus investigasi dua kasus agraria yakni pembangunan gedung DPRD Kabupaten Nagekeo dan persoalan wacana pembangunan waduk Lambo.

Kepada media, Gatot Ristanto mengungkapkan “Kami sedang mendalami kasus dan kumpulkan data kemudian memanggil para pihak pembangunan waduk Lambo dan pembangunan kantor DPRD Nagekeo.”

Lebih lanjut Gatot menegaskan, “Ketika semua data dinyatakan lengkap maka bisa ada penyelesaian perkara perspektif dan komnas HAM bisa melihat secara jelas pelanggaran HAM, kami pastikan negara melindungi hak hak warga.

Sebelum berita ini diturunkan, staf Deputi Pengaduan Komnas HAM melanjutkan investigasi dengan berkunjung ke pihak pemilik ulayat pembangunan Kantor DPRD Nagekeo di Kelurahan Lape, Kecamatan Aesesa. (Yanto)