Kongres KSPSI Digelar 20 Pebruari 2022, Penjaringan Caketum KSPSI Mulai Dibuka

Daerah

Jakarta, SorotNTT.Com- Setelah tertunda selama dua tahun, Kongres KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) disepakati akan dilaksanakan pada 20 Pebruari 2022 di Jakarta, bertepatan dengan Hari Pekerja Indonesia (Harpekindo).

Penetapan jadwal pelaksanaan Kongres KSPSI tersebut diputuskan dalam Rapat Pleno DPP KSPSI yang dilaksanakan live dan virtual zoom dipimpin oleh Ketua Umum KSPSI, Yorrys Raweyai, di Jakarta.

Pelaksanaan Kongres KSPSI tersebut akan diawali Rakernas yang dilaksanakan pada 18-19 Pebruari 2022. Dalam Rakernas ini akan dibahas finalisasi penyempurnaan AD/ART maupun materi-materi lain sebelum dibawa ke Kongres pada 20 Pebruari 2022.

Bagi yang mau maju menjadi Ketua Umum KSPSI periode 2022-2027, telah dibuka pendaftaran yang akan didaftar oleh Tim Panitia seleksi. Sementara hingga saat ini Ketua Umum KSPSI 2014-2019 Yorrys Raweyai, belum menyatakan apakah mau maju kembali atau tidak.

BACA JUGA:  Unit Jatarnas Amankan Dua Pria Asal Tenda Ruteng Pelaku Pencurian di Dongang

Adapun Ketua steering committee (SC) adalah Bibit Gunawan dan Ketua Organisation Committeee (OC) Adlan Nawawi. Keduanya ditunjuk langsung oleh Ketua Umum Yorrys.

Secara terpisah, Wakil Ketua Umum Bidang OKK DPP KSPSI, HM. Jusuf Rizal ketika dikonfirmasi oleh media menyampaikan bahwa jadwal pelaksanaan Kongres itu sudah final.

Jusuf Rizal yang juga Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI) mengatakan sejauh ini sosok calon Ketum KSPSI 2022-2027 masih cair dan terbuka.

“Kelihatannya akan banyak yang berani maju untuk memimpin KSPSI lima tahun kedepan. Mereka berharap akan ada perubahan yang lebih baik agar KSPSI bisa bangkit dan maju,” tegas pria berdarah Madura-Batak yang juga Ketum Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia (PWMOI) itu.

BACA JUGA:  Gubernur VBL Lakukan Sidak ke Beberapa OPD

Dari pemantauan media dan informasi yang beredar, sejumlah nama berminat mencalonkan diri menjadi Ketum KSPSI, periode 2022-2027, antara lain, Ahmad Mundji (Ketum FSP Perkebunan dan Pertanian), Helmy Salim (Ketum FSP Tekstil) dan Mathias Tambing (Ketum FSP KPI).

Sebelumnya dalam Rapat Federasi Serikat Pekerja Anggota (SPA) telah memunculkan empat nama, antara lain Ketum FSPTSI (Serikat Pekerja Transport Indonesia) Surya Barubara, kemudian Ketum FSPA LEM (Logam, Elektronik dan Mesin) Arif Minardi, disusul Ketum FSPA KEP (Kimia, Energi dan Pertambangan) Dedi Sudarajat, serta aktivis Ketum FSPTSI (Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia), HM. Jusuf Rizal

Kongres KSPSI 2022 kelihatan akan ramai karena banyak kandidat yang mau maju andaikata pun Yorrys Raweyai akan maju kembali. Sejumlah figur Caketum telah mengusung perubahan bagi KSPSI untuk Bina, Lindung, Sejahtera.