Kontraktor Sudah Lakukan Perbaikan Kerusakan di Ruas Jalan Dahang-Tentang, Manggarai Barat

Labuan Bajo, Sorotntt.com, Akibat kerusakan di sejumlah titik pada pengerjaan paket peningkatan jalan Dahang-Tentang-Sirimese Kecamatan Ndoso Kabupaten Mangggarai Barat,  pihak PT. Suramadu Nusantara Enjiniring bertanggungjawab penuh dengan memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut pada Rabu (9/2/2022) lalu.

Direktur PT. Suramadu Nusantara Enjiniring, Florianus Salnovari Blaang, Selasa (15/2/2022) kepada media ini mengatakan terkait kerusakan di sejumlah titik tersebut, pihaknya telah bertanggung jawab untuk lakukan perbaikan karena saat ini masih dalam tahap pemeliharaan.

“Untuk kerusakan di beberapa titik pihaknya tetap bertanggung jawab dan kerusakan tersebut memang disebabkan karena longsor dan pergeseran tanah akibat cuaca hujan deras beberapa waktu lalu, dan kita sudah lakukan perbaikan karena kita ingin kerja yang baik,” ujar Florianus Blaang.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Ruas Jalan Dahang-Tentang Sirimese, Robertus H. Jati dalam keterangan rilis yang di terima media ini Selasa (15/2/2022) siang Via WhatsApp  menjelaskan saat ini kondisi jalan pada paket peningkatan jalan Dahang – Tentang – Sirimese sudah dalam keadaan baik.

“kita doakan bersama agar dalam waktu yang akan datang tidak terjadi kerusakan lagi sehingga pengguna jalan dapat merasakan manfaat jalan dengan maksimal,” Ujar Robertus

Ia menjelaskan bahwa setelah pihaknya mendapatkan informasi terkait kerusakan pada pengerjaan tersebut Pihak Direksi Pekerjaan dan PPK lansung turun ke lokasi untuk melakukan identifikasi kerusakan.

BACA JUGA:  KPU Kabupaten Manggarai Menyelenggarakan Debat Publik Pilkada 2020

“Adapun hasil identifikasi tersebut adalah benar bahwa pada titik tertentu terdapat kerusakan pada saluran drainase pasangan batu dengan mortar dan ada satu titik pada tikungan Sta.  15+675 yang tipis, akan tetapi ukuran yang tipis tersebut sebenarnya sudah diluar lebar 3.5 meter (lebar rencana), tetapi saat pembentukan superelevasi badan jalan maka salah satu sisi jalan harus lebih rendah sehingga yang lebarnya lebih dari 3.5 meter menjadi tipis,” Jelas Robertus

Setelah dilakukan identifikasi lanjut Robertus, PPK kemudian memberi surat perintah untuk segera melakukan Pemeliharaan kepada Penyedia melalui surat Perintah Melakukan Pemeliharaaan dengan nomor/tanggal surat: BMBKHUB.620/BM/012/I/2022, tanggal 31 Januari 2021, perihal:  Perintah Untuk Melaksanakan Pemeliharaan Paket Dahang – Tentang –  Sirimese.


“Setelah mendapat surat perintah tersebut, penyedia jasa Konstruksi yakni PT. Suramadu Nusantara Enjiniring kemudian melakukan pemeliharaan terhadap hasil identifikasi, dengan mengatur waktu yang tepat dikarenakan cuaca di wilayah tersebut sehingga, pada tanggal 9 Februari 2022 penyedia sudah mulai melakukan perbaikan, dimulai dari perbaikan pasangan batu dengan mortar dan yang  terakhir adalah perbaikan aspal yang tipis menurut pemberitaan media sebelumnya serta perbaikan untuk titik-titik badan jalan yang berpotensi rusak agar segera diperbaiki,” Jelanya

BACA JUGA:  MK Tolak Gugatan Uji Materi UU KPK
Kondisi di sejumlah titik sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan pada pengerjaan peningkatan jalan Dahang-Tentang-Sirimese. Foto : Florianus

Robertus juga berharap kepada masyarakat setempat yang berada di sepanjang jalan tersebut agar tetap memperhatikan ruas jalan tersebut.

“Kalau ada kondisi saluran dan gorong-gorong/deuker yang tertutup oleh endapan atau kayu atau longsoran tebing, kami minta masyarakat untuk peduli untuk membersihkannya sebisa mungkin agar akses jalan tidak terhambat sambil menginformasikan kepada kami untuk penanganan lebih lanjut ataupun untuk memobilisasi alat berat dalam waktu dekat, jangan biarkan sampai ada kerusakan pada saluran, deuker dan badan jalan baru masyarakat menginformasikan kepada kami baik itu melalui pemerintah setempat ataupun publikasi-publikasi dengan narasi subyektif di media online seperti facebook sehingga menimbulkan persepsi yang berbeda-beda dari pembaca,” Pintah Robertus

Lanjut Robertus bahwa tentu pihaknya juga ingin agar aset jalan tersebut tetap terjaga dengan baik karena jalan tersebut adalah aset bersama pemerintah dan masyarakat.

“Oleh karena itu, besar harapan kami, bahwa untuk selanjutnya antara masyarakat setempat pengguna jalan tetap memperhatikan kondisi ruas jalan tersebut dan tetap berkoordinasi dengan kami Dinas Bina Marga, Bina Konstruksi dan Perhubungan selaku penanggung jawab ruas jalan tersebut melalui pemerintah setempat, yakni pemerintah desa dan Kecamatan setempat,”Tuturnya

BACA JUGA:  Kuasa Hukum Tegaskan Gories Mere Tak Terlibat Sengketa Tanah di Labuan Bajo

Untuk diketahui pekerjaan paket peningkatan Jalan Dahang-Tentang-Sirimese tersebut  dikerjakan pada tahun 2021 dengan jangka waktu pelaksanaan 150 hari Kalender oleh penyedia Jasa Konstruksi PT. Suramadu Nusantara Enjiniring dengan nama Penyedia Jasa Konsultan Pengawasan PT. konindo Panorama  Konsultan dengan nomor/tanggal Kontrak : PUPR.620/BM/1020/VII/2021, Tanggal  08 Juli 2021, dengan nilai kontrak paket Rp. 5.972.178.000,00- (Lima Milyar Sembilan Ratus Tujuh Puluh Dua Juta Seratus Tujuh Puluh Delapan Ribu Rupiah).

Pedi