KPPKBM dan FKIP Unika St. Paulus Ruteng Adakan Seminar Ilmiah
dalam Rangka CPD

Ruteng, SorotNTT.Com-Dalam rangka Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Continuous Professional Development, CPD), para guru yang tergabung dalam Komunitas Pembelajar Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Manggarai (KPPKBM) bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unika St. Paulus Ruteng dalam memfasilitasi proses publikasi ilmiah dalam bentuk artikel jurnal dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Artikel jurnal dan PTK ini akan digunakan sebagai salah satu syarat memenuhi kredit poin kenaikan pangkat guru ini, difasilitasi untuk diterbitkan di jurnal EDUNET – The Journal of Humanities and Applied Education (https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/je/issue/view/44).

Adapun luaran pembelajaran (learning outcomes) dari kegiatan fasilitasi ini, yakni: pertama, kegiatan seminar ilmiah untuk mempresentasikan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan artikel jurnal di hadapan forum ilmiah yang dihadiri oleh anggota KPPKBM dan dosen pembimbing dari FKIP Unika St. Paulus Ruteng.

Kegiatan seminar ilmiah berlangsung pada hari Selasa, 21 Juni 2022 di SMA Negeri 1 Langke Rembong. Kedua, publikasi artikel ilmiah pada jurnal EDUnet pada edisi Juni-Juli 2022. Kedua luaran ini akan menjadi syarat-syarat penting dalam mengusulkan kenaikan pangkat dari para anggota KPPKBM.

Dekan FKIP, Dr. Maksimus Regus, S.Fil., M.Si., dalam sambutannya saat membuka kegiatan seminar ilmiah (21/06/2022) menyampaikan bahwa kolaborasi KPPKBM dan FKIP merupakan jembatan penting dalam membangun pendidikan di Manggarai melalui peningkatan kualitas para guru.

BACA JUGA:  BOP-LBF Gelar Pelatihan Teknologi Hidroponik Untuk Masyarakat Mbeliling

Lembaga Unika St. Paulus Ruteng sebagai salah satu LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang dipercayakan oleh pemerintah, memiliki tanggung jawab moral dalam mengupayakan pendidikan yang berkualitas melalui keterlibatan meningkatkan kualitas dari para pendidik.

“Kerja sama dengan banyak pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan merupakan bagian dari program FKIP. Karena itu saling berbagi seperti kegiatan ini adalah upaya bersama membangun pendidikan kita yang berkualitas. Semoga kerja sama ini berlanjut pada masa-masa yang akan datang.” ungkap Rm. Maks.

Pak Ardianus Darmadi S.Ag sebagai salah satu presenter dalam seminar ini mengatakan bawah membuat artikel ilmiah, menyeminarkan dan memublikasikannya merupakan bagian dari cara guru menunjukan kualitas intelektualitasnya, sekaligus mengimbaskan praktik baiknya kepada rekan sejawat melalui hasil penelitian pendidikan saat melaksanakan pembelajaran di sekolah masing-masing.

“Saya berharap semoga para guru di Manggarai Raya ini memiliki semangat yang sama seperti pada guru yang tergabung dalam KPPKBM. Dan FKIP siap memfasilitasi dan mendampingi bapak ibu guru yang hendak mengembangkan secara berkelanjutan dirinya sebagai guru yang professional,” ungkap Pak Adrianus.

Sementara Ignatius Amer, S.Pd. sebagai ketua pelaksana kegiatan menyambut baik kolaborasi ini. Dia menyampaikan, saat ini sangat dibutuhkan symbiosis mutualisma. Pada era pembelajaran abad 21 ini kita tidak bisa bekerja sendiri, harus berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas diri dan pendidikan kita.

BACA JUGA:  Tangani Dampak Penyebaran Covid-19, Pemerintah Bangun Narasi Tunggal

Menurut Ignatius, dalam konteks Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) kolaborasi dalam meningkatkan kualitas guru menjadi bagian sangat sentral. Ada banyak cara untuk meningkatkannya, dan semua itu bisa dengan mudah dicapai bila kita saling berkerja sama.

Pak Ignatius mengajak agar guru-guru lain perlu juga terlibat dalam kegiatan peningkatan profesional diri yang berkelanjutan seperti yang sudah dilakukan oleh KPPKBM.
“Saya kira FKIP Unika St. Paulus Ruteng dan para dosennya sangat terbuka untuk mendampingi dan memfasilitasi bapak ibu guru.”, tandasnya.

Adapun anggota komunitas KPPKBM yang mempresentasikan artikel ilmiah dan PTK dalam kegiatan seminar ilmiah ini, antara lain: Ignatius Amer S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Samuel Senudin S.Pd Mat (SMAN 1 Langke Rembong), Ardianus Darmadi S.Ag (SMAN 1 Langke Rembong), Maksimilinus Ndepol S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Yuliana Sanuri S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Antonia Siti S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong) Veronika Naus S.Ag (SMAN Langke Rembong), Theresia J. Dabur S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Sri Sayari S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Bernadina Niron S.Ag (SMAN 1 Langke Rembong), Maria Fatima S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Reyneldis Mulyati S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Agutinus Pen S.Pd (SMKS Bina Kusuma), Trivonia M.Rodriques S.Pd (SMK Sadar Wisata), Julietta M.G Padchan S.Ag (SMK Sadar Wisata), Kosmas Siong S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Wenseslaus Jemarus S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong), Anatolia Doalusi S.Pd (SMAS Bina Kusuma), dan Emilianus Ratu S.Pd (SMAN 1 Langke Rembong).

BACA JUGA:  Diduga Gangguan Jiwa, Polsek Satar Mese Amankan Pelaku KDRT

Dosen-dosen FKIP yang mendampingi kegiatan ini, yakni Dr. Marianus Mantovanny Tapung (Editor in Chief EDUnet), Rikardus Jundu, M.Pd., Ofan Abut, M.Pd., dan admin EDUNet, Evan Marsidi, S.Kom.
KPPKBM dan FKIP Unika St. Paulus Ruteng Adakan Seminar Ilmiah
dalam Rangka CPD