KPU Kabupaten Manggarai Menyelenggarakan Debat Publik Pilkada 2020

Daerah

RUTENG, SorotNTT.Com-Komisi Pemilihan Umum(KPU) Kabupaten Manggarai menyelenggarakan debat publik Pilkada 2020 antara pasangan calon(paslon), Sabtu(14/11/2020).

Penyelenggaraan Debat paslon kali ini menghadirkan pasangan Bupati-Wakil Bupati Manggarai, Deno Kamelus-Viktor Madur (Paket DM) sebagai paslon nomor urut 1, dan Herimy Nabit-Heri Ngabut (Paket H2N) sebagai paslon nomor urut 2.

Acara debat ini berlangsung di aula MCC Ruteng, Kelurahan Mabumuku, Kecamatan Langke Rembong dan dipandu oleh moderator Yonahes Jimmy Nami. 

Tujuan diadakanya debat publik ini, untuk menyebarluaskan program Visi dan Musi dari Masing-masing pasangan Calon yang ada, supaya bisa diketahui oleh publik.

Pihak KPU membatasi jumlah tim pemenangan dari masing-masing paslon, yakni masing-masing hanya empat orang. 

Tetapi dalam prakteknya itu tidak terlaksana, justru tiap pasangan calon menghadirkan lebih dari empat orang.

Sebelum debat dimulai, sempat terjadi insiden yang melibatkan para wartawan dan pihak KPU.

Hal ini terjadi karena pihak KPU melarang para wartawan untuk meliput jalannya debat tersebut. Para wartawan protes dan ngotot, serta menanyakan dasar pelarangan itu.

Para wartawan juga merasa kesal karena pihak KPU sendiri tidak menerapkan protokol kesehatan terhadap peserta yang hadir.

Akibat aksi protes dari para awak media ini, salah satu anggota KPU, Santi, mempersilakan wartawan untuk meliput kegiatan debat, dan menyampaikan permohonan maaf kepada wartawan, tetapi terlebih dahulu mempersilahkan wartawan menempati bagian belakang gedung.

Diluar gedung MCC, tampak masing-masing pendukung dari dua paslon terus berteriak untuk memberikan dukungan. Namun terikan mereka tidak mengganggu konsentrasi kedua paslon. Antar pendukung juga dapat mengendalikan diri sehingga kegiatan debat itu berjalan cukup kondusif.
Aparat keamanan dari pihak Kepolisian dan TNI terus mengawasi situasi yang ada, sehingga semuanya berjalan dengan aman.

Thomas Aquino Hartono, Ketua KPU Kabupaten Manggarai dalam kesempatan itu menjelaskan secara umum debat terbuka mempunyai tiga tujuan utama, yakni menyebarluaskan program, visi, dan misi paslon kepada pemilih dan masyarakat Manggarai.

Hartono juga menjelaskan, debat menjadi alat ukur rasional bagi masyarakat untuk bisa membandingkan visi-misi kedua paslon. Selain itu tujuanya, untuk memberikan informasi secara menyeluruh kepada pemilih sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan pilihannya.

Calon Bupati paslon nomor 1, Deno Kamelus dalam debat itu mengajak seluruh masyarakat Manggarai agar pada 9 Desember 2020 mendatang, datang ke TPS dan memilih paket nomor 1.

Menurut Deno, hal ini karena paslon DM telah berkontribusi memajukan Manggarai. Dimana yang lain boleh bicara janji, tapi paket DM sudah terbukti berbuat.

“Paket DM ini sudah terbukti dan teruji dengan memimpin Manggarai 5 tahun lalu. Sekarang dimana-mana ada perubahan. Yang lain bicara akan dan janji-janji, tapi Manggarai sudah maju. Supaya lebih maju lagi, mari kita bersama untuk lanjutkan dengan pilih DM paket nomor 1,” pinta Deno.

Calon Bupati dari paslon H2N, Hery Nabit, menyampaikan pilihan ada pada masyarakat Manggarai. Apa itu memilih yang jelas-jelas sudah mengingkari janji-janji masa lalu, atau yang mau membawa perubahan. Dimana track record, tidak bisa dipungkiri. Sehingga menurut dia, Manggarai sedang berada di pintu menuju perubahan.

“Mari bersama-sama menjemput masa depan yang lebih cerah, dengan generasi baru. Politik Manggarai pilih nomor 2, yakni H2N, dari jalan menuju perubahan. Yang dipertaruhkan pada sebuah konsep antara janji dan kenyataan harus ditepati, harus komitmen, dan konsekuen,” tandas Heri

Terpantau Hadir pada saat itu Ketua KPU Manggarai, Thomas Aquino Hartono, Ketua KPU NTT, Thomas Dohu, anggota KPU Manggarai dan komisioner Bawaslu Manggarai.