Presiden-jokowi-kunjungi-mako-lantamal-xii-pontianak

Kunjungan Kerja Presiden RI Di Mako Lantamal XII Pontianak

Daerah Featured

Pontianak, SorotNTT.com – Komandan Pangkalan Utama TNI AL XII (Danlantamal XII) Pontianak Laksamana Pertama TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han) menerima kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo beserta rombongan bertempat di Mako Lantamal XII Pontianak Jalan Komodor Yos Sudarso No.1 Pontianak Kalimantan Barat, Kamis (5/9/2019).

Kunjungan kerja Presiden RI ke Mako Lantamal XII Pontianak dalam rangka untuk meninjau perkembangan pembangunan Waterfront City Sungai Kapuas Pontianak dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Lemukutan dari Satuan Patroli (Satrol) Lantamal XII.

Pukul 14.29 Presiden RI beserta rombongan tiba di Mako Lantamal XII Pontianak dan dilanjutkan dengan laporan Danlantamal XII Pontianak kepada Presiden RI mengenai situasi Mako Lantamal XII Pontianak, selanjutnya Presiden RI berjalan menuju Dermaga Satrol Lantamal XII. Setibanya di Dermaga Satrol Lantamal XII  Dirjen Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kalimantan Barat memaparkan tentang hasil akhir proyek PUPR diantaranya tentang kegiatan perkembangan pembangunan Waterfront City Sungai Kapuas Pontianak melalui papan sketsel.

Setelah selesai menerima paparan selanjutnya Presiden RI beserta rombongan menaiki KAL Lemukutan didampingi oleh Danlantamal XII Pontianak beserta Forkopimda Prov. Kalimantan Barat. Selama perjalanan menuju Waterfront City Sungai Kapuas Pontianak, Presiden RI yang berada di KAL Lemukutan bersama rombongan dan Forkopimda Kalbar melihat secara langsung tentang kegiatan masyarakat di Sungai Kapuas.

Menurut Presiden, kunjungan itu dimaksudkan untuk meninjau perkembangan kawasan Waterfront City Sungai Kapuas Pontianak yang tersambung dengan Sungai Landak, dan sudah 3 tahun ini dikerjakan Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Pontianak.

“Tadi kita lihat hasilnya rumah yang dulunya membelakangi sungai sebagian sudah mulai menghadap ke sungai. Sehingga kita lihat semuanya rapi, mulai dihijaukan. Kita lihatlah nanti setahun dua tahun yang akan datang, langsung perbedaannya kelihatan. Kurang sedikit saja yang kita kerjakan,” kata Presiden Jokowi saat ditanya kesannya oleh wartawan.

Presiden menjelaskan, ada 4 pemukiman di tepi sungai yang sedang dibangun pemerintah. Ia menunjuk contoh di Bengkulu, Tegal, Semarang, dan Pontianak. “Dari 4 kota ini yang paling bagus, paling panjang,” ujarnya.

Presiden Jokowi berharap maksimal tahun depan pembangunan Waterfront City Sungai Kapuas Pontianak itu bisa dirampungkan. Sekaligus dengan penataan wilayah di sekitarnya, sehingga nantinya kawasan Sungai Kapuas bisa jadi percontohan.

Selain KAL Lemukutan juga disediakan KAL Sambas dan Patkamla Pulau Datu untuk mengangkut para wartawan yang melaksanakan liputan kegiatan kunjungan kerja Presiden RI dan rombongan.

Setelah melihat secara langsung perkembangan pembangunan Waterfront Sungai Kapuas Pontianak diatas KAL Lemukutan, Presiden RI beserta rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Dermaga Alun-Alun Kapuas untuk selanjutnya menuju Hotel Mahkota dengan menggunakan kendaraan kepresidenan.

Ikut mendampingi KAL Lemukutan antara lain KAL Sambas dan Patkamla Pulau Datu yang berisi wartawan, 3 Buah Sea Rider yang berisi Pasukan Marinir Bersenjata lengkap, dan Kapal milik Pol. Airud dari Polda Kalbar sebanyak 3 buah.

Kunjungan Kerja Presiden RI beserta rombongan di Mako Lantamal XII Pontianak yang dilanjutkan dengan onboard di KAL Lemukutan menuju Waterfront Sungai Kapuas Pontianak dan berakhir di Dermaga Alun-Alun Kapuas berjalan dengan aman dan lancar.

Laporan : Tim