Kwarda NTT Gandeng Dinas Kesehatan Sosialisasikan DBD

Daerah

Kota Kupang, SorotNTT.Com- Kwartir Daerah(Kwarda)Gerakan Pramuka Nusa Tenggara Timur(NTT), bersama Dinas Kesehatan melakukan Aksi Waspada Demam Berdarah Dengue(DBD).

Kegiatan ini diberi nama dengan “Program Jumat Kunjung Warga” dan bertempat di sekitaran Kelurahan Penfui Timur, Kecamatan Kelapa Lima,Kota Kupang, Jumat(12/02/2021).

Kwartir Daerah melalui Dewan Kerja Daerah NTT kompak mengenakan seragam pramuka dan dibagi dalam beberapa kelompok untuk membagi bantuan Abate(Sejenis obat bubuk untuk membunuh jentik nyamuk) dari Dinas Kesehatan Kota Kupang, sekaligus menjelaskan mengenai penggunaan Abate yang baik dan benar kepada Warga.

Tim kwarda dan Dinas Kesehatan juga menjelaskan secara rinci mengenai penyakit DBD itu sendiri sehingga warga selalu waspada dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Diketahui penyakit DBD  (Demam Berdarah Dengue) disebabkan oleh virus DBD yang menginfeksi manusia lewat gigitan Nyamuk DBD atau nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus ini adalah nyamuk betina yang sudah terinfeksi virus dengue.

Setelah Nyamuk DBD menggigit manusia, virusnya akan masuk ke dalam darah dan mengalir ke seluruh tubuh, kemudian mulai menyebabkan infeksi pada sel-sel tubuh yang sehat. Gejala Penyakit DBD biasanya terlihat kurang lebih 15 hari setelah gigitan nyamuk.

Pasien Penyakit DBD harus dipantau dan diobati dengan tepat, karena penyakit ini bisa menjadi parah hingga ke tingkat yang dapat menyebabkan kematian.

Dengan dilakukakannya aksi ini, diharapkan dapat membantu menambah pengetahuan Warga untuk lebih menjaga kebersihan tempat penampungan air  agar memastikan tidak adanya jentik-jentik nyamuk yang dapat menjadi sumber dan sarang bagi nyamuk.