Lahan Pertanian Warga Tidak Digarap, Pemerintah Diminta Perbaiki Saluran Irigasi Wae Mau 2 di Pongpahar, Satar Mese Barat

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Saluran irigasi Wae Mau 2 yang terletak di Pongpahar, Desa Hilihintir, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) rusak parah dan tak bisa digunakan.

Saluran irigasi ini pernah dibangun tahun 2009 yang lalu, tetapi hanya setahun digunakan warga, selanjutnya mengalami kerusakan sampai sekarang ini.

Salah satu warga Pongpahar Nikolaus Taluk, Kepada Media ini, Selasa 23 November 2021 menyampaikan harapanya agar pemerintah Kabupaten Manggarai segera memperhatikan saluran irigasi ini.

BACA JUGA:  Berdalih Cegah Covid-19, Gubernur NTT Perintahkan Para Bupati Bongkar Portal di Jalan

Banyak kehidupan warga bergantung pada penghasilan dari mengerjakan sawah ini sebelumnya, tetapi sekarang sudah tidak lagi bisa di gunakanan karena rusaknya saluran irigasi Wae Mau 2 ini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Anus Jo, warga Pongpahar, yang mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah Kabupaten Manggarai.

“Kalau irigasi ini diperbaiki maka otomatis tingkat perekonomian warga meningkat, karena bisa mendapat penghasilan dari sawah.

Warga Pongpahar yang lain juga Yohanes Joma, menyampaikan bahwa saat ini warga menginginkan agar air di saluran irigasi ini segera mengalir, tentunya irigasi ini harus diperbaiki.

BACA JUGA:  Sendal Jepit Hasil BUMDes Wela Pau, Siap di Pasarkan di Manggarai Timur

Kami bisa menanam padi atau berusaha Holtikultura seperti ditempat lain, tentu harus ada air.

Oleh karena itu kami sangat mengharapkan agar bapak Hert Nabit dan Heri Ngabut bisa membantu warga Pongpahar membangun irigasi Wae Mau 2 ini.