Lantik 4 Pejabat Struktural,Bupati Belu :Jabatan Adalah Amanah

Bupati Belu Taolin Agustinus Lantik dan mengambil sumpah jabatan (Foto.Humas Belu)

Atambua,Sorotntt.com – Bupati Kabupaten Belu,Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH,FINASIM mengambil sumpah dan melantik 4 (empat) Pejabat Struktural Lingkup Pemkab Belu di Lantai I Kantor Bupati Belu Rabu,29/12/2021.

Empat Pejabat Struktural yang diambil sumpah dan dilantik yakni, Cules C.C.M Ando, SE sebagai Kepala Badan Pengelola Perbatasan, drg. Maria Ansilla Eka Mutty sebagai Kepala Dinas Kesehatan ,Anselmus Lopes, SE sebagai Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menegah dan Jovianus Bere Loy, SH sebagai Kepala Dinas Perhubungan.

Pengambilan sumpah dan pelantikan ini diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Bupati Belu, pengambilan sumpah dilanjutkan dengan pelantikan, pengukuhan oleh saksi rohaniawan dan penandatanganan berita acara pelantikan.

Bertindak sebagai saksi ASN Plt. Asisten Administrasi Umum Sekda Belu, Fransiskus X.Asten,S.Sos dan Kepala Dinas Sosial, Dra. M.K.Eda Fahik serta Saksi Rohaniawan Frater Handrianus Agustinus Nahak,S.FII.

Hadir dalam acara Wakil Ketua DPRD Belu, Yohanes Jefry Nahak, Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM, Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin, SE., M.Si, Forkompinda Plus Kabupaten Belu, Pimpinan Perangkat Daerah, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Rinawati BR.P. Haleserens, SE.,MM serta Pimpinan Organisasi Wanita.

BACA JUGA:  UNESCO Minta Pemerintah Indonesia Hentikan Pembanguan TNK, Ini Kata Gubernur NTT

Dalam sambutan, Bupati Belu menyampaikan pelantikan Pejabat Eselon II hari ini telah melalui proses panjang.

Foto bersama usai mengambil sumpah dan melantik (Foto.Humas Belu)

Lanjut Bupati Taolin Agustinus bahwa pergantian pimpinan di suatu instansi secara normatif adalah hal biasa karena disitulah para ASN yang telah memenuhi syarat mempunyai kesempatan untuk mendarmabaktikan kemampuannya melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya.

“Sebenarnya proses ini adalah proses yang normal saja dan kita sudah melewati proses panjang. Dari belasan ASN yang berkesempatan mengikuti fit and proper test untuk 4 jabatan yang kosong, terpilihlah tiga orang muda hebat yang akan memimpin OPD yang sudah ditetapkan dan satu srikandi yang akan memimpin Dinas Kesehatan. Masih ada beberapa jabatan yang kosong, kita lanjutkan pada tahun 2022,” terang Bupati Belu.

BACA JUGA:  Beberapa Unit Rumah Warga Wangkung Pacar Nyaris Ambruk Akibat Longsor

Lebih lanjut bahwa tugas yang diemban adalah tugas yang berat, amanah dan penuh tantangan sehingga untuk mewujudkan semua yang sudah digariskan harus sesuai dengan visi misi pemerintahan yang dituangkan dalam RPJMD yang sudah dibreakdown dalam rencana-rencana yang lebih detail di bawahnya.

Bupati Taolin Agustinus juga berharap agar dalam melaksanakan tugas bekerja sebaik-baiknya sesuai dengan janji yang telah diucapkan.

“Janji ini sekali lagi saya ingatkan bahwa sebagai pertanggungjawaban kepada kita semua dan juga kepada Tuhan Yang Maha kuasa,” Harapnya.

Bupati Belu juga kembali menekankan agar dapat menjalankan tugas dengan baik serta jabatan yang diemban bukan jabatan seumur hidup karena akan ada evaluasi dalam periode tertentu sesuai dengan indikator yang sudah ditentukan.

“Pergilah dan jadilah pelayan yang baik, bukan hanya dari kantor saja tetapi turun ke lapangan, lihat kondisi masyarakat, lihat apa yang terjadi di sana, apa yang bisa dikerjakan, bukan kerja yang rutin-rutin saja. Kerjakan apa yang harus dikerjakan dengan kecepatan dan kinerja yang lebih cepat dari biasanya karena kita hanya diberi waktu tinggal 2 tahun lebih saja,” tegasnya .

BACA JUGA:  Potensi Garam NTT Dapat Memenuhi Kebutuhan Industri Maupun Konsumsi Dalam Negeri

Pada kesempatan itu juga, Bupati Belu atas nama keluarga dan Pemerintah menyampaikan Selamat Hari Natal kepada seluruh masyarakat yang merayakan. “Selamat hari Natal, yang kiranya damai dan sukacita Natal menyertai kita semua dan kita bisa memasuki tahun 2022 dengan penuh kebahagiaan, optimisme untuk menjalankan tugas sebaik-baiknya,”tutupnya.