LDN 2019 Bergulir, Wakil Bupati TTS Lakukan Tendangan Perdana

DaerahTimor

SoE, SorotNTT.com – Kejuaraan sepak bola bertajuk Liga Desa Nusantara 2019 Seri Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Usia 19 Tahun, resmi digelar di Lapangan Biloto, Desa Biloto, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Perhelatan ini di buka langsung oleh wakil bupati TTS, Johny Army Konay pada, Kamis (22/8/2019). Liga Desa Nusantara seri Provinsi NTT ini diikuti lima Kabupaten, yang merupakan 6 jawara di masing-masing pelaksanaan Liga Nusantara di TTS.

Ketua panitia, Junedi Bana, dalam laporan panitia menyampaikan Liga Desa Nusantara 2019 diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Liga Desa Nusantara sudah melewati seri kabupaten, dan saat ini memasuki seri provinsi. Seri provinsi yang diikuti enam tim akan digelar dari tanggal 22 – 24 Agustus 2019.

“Tim yang menjadi juara di seri provinsi akan menjadi wakil untuk berlaga di seri Nasional yang akan digelar di Sidoarjo pada Oktober mendatang. Ini merupakan seri provinsi yang akan menentukan wakil kita (Provinsi NTT) untuk berlaga pada seri Nasional di Sidoarjo mendatang,” kata Bana.

Sementara Wakil Bupati TTS, Johny Army Konay, mengatakan selamat datang di kota dingin, selamat menginjakan kaki di bumi cendana wangi TTS, LDN 2019 ini bisa terselenggara berkat UU Nomor. 6 Tahun 2014 tentang Desa, dimana penyelenggaranya harus di desa, dan peserta atau klub-klub bola kakinya harus orang desa. Ada 5 kabupaten dan 6 desa yang akan mewakili teman-teman untuk melanjutkan pertandingan sepak bola ini pada tingkat nasional yaitu di Sidoarjo.

“Saya minta teman-teman yang tadi sudah janji wasit dan janji atlet, kita bermain yang sportif karena kita sudah melalui berbagai tahapan, yaitu pertandingan di beberapa tempat dan kalian adalah juara dari masing-masing kabupaten,” Kata Johny.

TTS mendapat satu hadiah yaitu penambahan 1 grup antara Desa Biloto Dan Desa Mnelalete, ini patut kita syukuri bahwa TTS memiliki sebuah kesempatan. Dari 2 klub yang kita harapkan bisa mewakili ke Sidoarjo nanti.

Saya ucapkan selamat bertanding dan tetap pegang pada komitmen kita, bahwa pertandingan ini adalah pertandingan persaudaraan dimana dari salah satu dari 6 klub yang menjuarai turnamen Desa Biloto Kecamatan Kesetnana akan mewakili NTT di Tingkat nasional.

Pantauan SorotNTT.com, pada pertandingan pertama yang mempertemukan Desa Golo Langkok (Kabupaten Manggarai) vs Desa Tunbaun (Kabupaten Kupang), dimenangkan Desa Golo Langkok dengan skor 5:1.

Di Pertandingan kedua, Desa Mnelalete  vs Terong dimenangkan Desa Mnelalete dengan skor 1:0. Di pertandingan ketiga, Desa Biloto (Kabupaten TTS) vs Desa Tunbaun (Kabupaten Kupang) dimenangkan Desa Biloto unggul 11:0. Sementara Desa Tabuna (Kabupaten Belu) vs Desa Mnelalete (Kabupaten TTS) pada babak pertama masih 0:0.

Laporan : Hendrikus Aditono