perilaku hidup bersih

Mari Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat

Daerah Flores

Komandan Kodim 1612/Manggarai bersama Bupati atau Pemerintah Kabupaten Manggarai terus berupaya mengedukasi serta mengajak warga Kota Ruteng dan masyarakat Kabupaten Manggarai pada umumnya untuk dapat berperilaku hidup bersih, sehat, dan menjaga lingkungan sekitar.

Upaya tersebut dilakukan saat Dandim 1612/Manggarai, Letkol Inf Rudy M. Simangunsong, S.Sos. bersama anggota Kodim 1612/Manggarai mengikuti kegiatan Apel Jumat Bersih di Pasar Inpres Ruteng, Jumat (8/2/2019). 

Nampak hadir juga dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Manggarai, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Manggarai, ASN Setda Kabupaten Manggarai, GMPS (Gerakan Masyarakat Peduli Sampah) Kabupaten Manggarai, serta para pelajar di Kota Ruteng.

Bupati menyampaikan kepada warga pasar Inpres dan peserta apel, “Kedatangan atau kegiatan saya bersama Dandim 1612/Manggarai serta beberapa Kepala Dinas yang sengaja saya hadirkan di sini adalah untuk mengedukasi para penjual, pembeli serta warga yang berada di pasar ini pada khususnya dan seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai pada umumnya, kami bukan sebagai tukang pungut sampah di sini, namun kami semua ingin mengajak dan merubah pola pikir kita terkait kebersihan lingkungan, masyarakat yang berjualan dan pembeli di pasar ini agar bertanggung jawab terhadap kebersihan pasar, teknisnya setiap hari sebelum pasar tutup, agar para penjual membersihkan dan menyapu  dan dikumpulkan sampah-sampahnya pada tempat yang disediakan dan nantinya ada petugas untuk mengambil.”

berperilaku hidup bersih dan sehat
Dandim 1612/Manggarai bersama Bupati Manggarai saat Apel Jumat Bersih di Pasar Inpres Ruteng

Dandim 1612/Manggarai dalam kesempatannya menambahkan, “Kami bersama Bupati tidak mungkin terus turun ke pasar dan tempat-tempat lain yang banyak berserakan sampah, kebersihan sebenarnya sudah wajib ada pada pribadi masing-masing, menjaga lingkungan sekitar adalah tanggung jawab bersama setiap warga. Kondisi lingkungan yang bersih merupakan cerminan hati yang bersih yang diterjemahkan dalam tingkah laku. Karena itu dalam rangka menjaga lingkungan sekitar, salah satu upaya yang bisa dilakukan warga adalah peduli dengan lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya dan ikut serta membersihkan lingkungan,” ucap Dandim

“Tanggung jawab menjaga kebersihan lingkungan tidak melulu dibebankan kepada petugas kebersihan lingkungan. Sebab mereka hanya bertugas sesuai jadwal dan areanya masing-masing. Lingkungan yang bersih dan sehat tentu tak akan tercipta bila warganya tidak berperan aktif, masa bodoh dan mengandalkan petugas kebersihan,” lanjutnya.

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menggugah kesadaran kita bersama betapa pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan alam,” pungkas Dandim.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembersihan di sekitar pasar oleh warga pasar dan peserta apel. (TIM)