Masyarakat Resah Dengan Aksi Perambah Hutan Negara Di Desa Nggalak, Aparat Hukum di Minta Tegas

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Masyarakat resah dengan aksi perambahan hutan di kawasan hutan negara yang terletak di Kampung Nggalak, Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai, NTT.

Aksi perambahan hutan Negara dikawasan ini dimulai sejak tahun 2019, diperkirakan luas area hutan yang di babat sudah mencapai luasan 2 hektar lebih.

Salah satu warga Desa nggalak Berinial SW kepada media ini, Rabu(14/11/2020) menyampaikan, bahwa apa yang dilakukan oleh beberapa oknum ini sungguh meresahkan warga secara keseluruhan.

Diketahui hutan yang dibabat tersebut terletak di kawasan hutan Negara, tepatnya di Lokasi Mata Wae Lamba.

Hutan tersebut merupakan sumber mata air bagi warga sekitar, serta digunakan untuk mengairi sawah warga, daerah ini juga termasuk wilayah Daerah Aliran Sungai(DAS).

Jujur sejak nenek moyang tidak ada yang berani untuk merambah hutan dikawasan ini, karna ini hutan Negara yang dilindungi dan menjadi milik negara.

Hanya sekarang saja ada warga yang berani untuk melakukan perambahan diarea hutan Negara ini, kami sangat kecewa, ujar SW.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini, bahwa aparat Kepolisian dari polres Manggarai telah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara(TKP) beberapa bulan lalu.

Semoga pihak Polres Manggarai segera menyelesaikan persoalan ini, sehingga ada kepastian hukum dan kedepanya masyarakat tidak lagi mengulangi aksi perambahan hutan ini.