Memeriahkan HUT RI Ke-74, PKK Kecamatan Cibal Gelar Perlombaan

Daerah Flores

Manggarai, SorotNTT. com – Menyambut Kemerdekaan Indonesia yang ke-74 tahun. Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, mengadakan perlombaan antar desa pada tingkat Kecamatan, tepatnya di Pagal, Kabupaten Manggarai, Senin (12/8/2019).

Untuk memeriahkan dan menyongsong HUT RI ke-74, beragam lomba pun digelar di tingkat Kecamatan Cibal, seperti lomba  jalan sehat, lomba gerak jalan antara desa, juga lomba mbata dan sanda.

Pembukaan perlombaan ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Manggarai, Yeni Veronika , sekaligus membuka kegiatan perlombaan ini. 

Dalam sambutannya, Yeni menyampaikan pentingnya keberadaan tim PKK ditingkat desa, karena diera modern sekarang ini ibu-ibu harus terampil, khususnya berinovasi soal pengolahan makanan lokal. Jangan selalu membeli hasil buatan orang lain, tapi ibu-ibu bisa membuatnya sendiri. Jangan menghabiskan waktu untuk gosip, membahas hal yang tidak berguna, tunjukan bahwa kita wanita yang siap bersaing, wanita yang tangguh. 

Pada kegiatan yang sama, tepatnya disore hari Bupati Manggarai Deno Kamelus hadir di tempat perlombaan, untuk menyaksikan perlombaan mbata dan sanda. kehadiran Bupati Deno  merupakan kelanjutan dari kegiatan berkantor di Desa Ladur, Senin (12/8/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Deno mengatakan, festival sanda dan mbata digelar untuk melestarikan dan merawat dua seni budaya Manggarai ini, agar tidak dilupakan oleh generasi muda. 

“Saya harap dengan diadakannya festival sanda dan mbata ini, dua seni budaya tersebut tetap dilestarikan dan dicintai generasi muda Manggarai,” kata Bupati.

Dalam perlombaan ini, masing-masing desa mengirimkan satu tim untuk mbata dan satu tim untuk sanda, yang terdiri dari 15-20 orang. Tim ini merupakan kolaborasi antara orang tua dan anak-anak muda.

Perlombaan ini diadakan di kantor Camat Cibal, di Pagal, yang berlangsung hingga tengah malam.

Oleh:Tim/ Agustinus B. Musa