Menarik, Program Juma’at Akhir Pekan Kecamatan LAUT

Daerah

Borong, SorotNTT.Com-Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara (Kec. LAUT), Kabupaten Manggarai Timur (Matim)  Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), merangkai berbagai kegiatan kerjasama dengan lintas sektor di wilayah itu untuk program kesehatan untuk warga Ibu Kota Kecamatan.

Program kegiatan itu sangat menarik, karena dikemas dengan kolaborasi apel pagi, jalan sehat bersama, senam kesegaran jasmani, penyuluhan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), Pemeriksaan tekanan darah/tensi darah, gulah dara, asam urat dan kolesterol, lalu ditutup dengan makan minum pangan lokal diiringi rileks life musik.

Kegiatan ini merupakan program kegiatan akhir pekan pihak Kecamatan Lamba Leda Utara, bekerjasama dengan Puskesmas, pihak Kepolisian dan TNI melalui Babinsa yang dimulai, Jum’at 19/03/2021 di Dampek, Ibu Kota Kecamatan Lamba Leda Utara

Pemerintah Kecamatan Lamba Leda Utara, melalui Plt. Camat, Agus Supratman, saat arahan apel pelepasan peserta jalan sehat bersama awal tahapan kegiatan pagi pukul 05.30 waktu setempat menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam mengangkat derajat kesehatan masyarakat.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini selain membina kebersamaan, tentunya bertujuan untuk memperbaiki taraf kesehatan kita atau masyarakat pada umumnya. Kali ini kita mulai dari warga Ibu Kota Kecamatan, kemudian nanti bila sudah terbiasa baru ditularkan kesemua desa untuk lakukan hal yang sama”, Ucap Agus.

Dijelaskan pula, bahwa kegiatan yang dilaksanakan memiliki korelasi semangat yang sama dengan visi dan misi Bupati Dan Wakil Bupati Manggarai Timur.

“Dibawa Payung visi dan misi Pemerintah Kabupaten, Manggarai Timur Sejahtera Berdaya dan Berbudaya atau Matim SEBER, kita jabarkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan seperti ini, demi terciptanya Kecamatam Lamba Leda Utara yang BERSAHAJA, atau Bersih, Sehat, Aman dan Sejahtera”, Kata Agus.

Menurut Agus, ada 8 (delapan) rangkaian sub kegiatan yang dikemas dalam satu program kegiatan jumaat akhir pekan di Kecamatan Lamba Leda Utara.

“Delapan sub kegiatan yang dikemas dalam satu program kegiatan juma’at akhir pekan, antara lain, Apel pagi bersama, Jalan sehat bersama, Senam kesegaran jasmani bersama, penyuluhan kesehatan… Pemeriksaan tekanan darah/tensi darah, gulah dara, asam urat dan kolesterol, lalu sama sama menikmati makan minum pangan lokal sambil rileks life musik dan diakhiri latih tanding bersama bola voly antara pihak kecamatan, pihak puskesmas dan Masyarakat”, ujar Agus

Selama tahapan kegiatan itu jelas Agus, pelayanan pemerintahan untuk masyarakat tetap dilaksanakan.

Hadir dan sambut antusias kegiatan itu, dari seluruh pegawai kecamatan, seluruh pegawai Puskesmas Dampek yang tidak sedang piket, seluruh jajaran kepolisian, Babinsa, seluruh koordinator UPTD tingkat Kecamatan, seluruh Kepala Sekolah dan guru yang tidak memiliki jam mengajar pagi diwilayah Ibu kota Kecamatan, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tokoh perempuan.

Kegiatan sendiri tetap mematuhi protokol kesehatan, dan satgas Covid 19 tingkat kecamatan secara tegas dan ketat mengawal seluruh tahapan pelaksanaan kegiatan.