MENGGUGAH PEMUDA- PEMUDI NUSA TENGGARA TIMUR BERBENAH MENUJU TEKNOLOGI MODERN.

Daerah

Oleh.JEAN EVELYN RIHI,A.Md.Ak

Kehadiran teknologi telah merubah pola pikir dan pola tindak dalam segala lini,menghadapi dimensi perubahan ini kaum pemuda-pemudi dituntut untuk siap meghadapi dan menjawab perubahan ini,salah satunya adalah bangkit dan berinovasi untuk merubah pola pikir,pola tindak demi merubah dan menggapai masa depan yang lebih baik. Kaum muda mudi diharapkan tidak duduk berpangku tangan apalagi mengharapkan bantuan orang tua dan orang lain,pemerintah adalah sudah bukan jaman lagi.hal ini bukan bermaksud mendiskreditkan kaum muda.namun ini semata mata menggugah semangat kaum muda untuk tidak tertinggal teknologi dan modernisasi.Kedewasaan dan kemandirian adalah kunci utama menggapai kesuksesan. Disisi lain sikap mentalitas dan moralitas sangat menentukan kedewasaan dan kemandirian seseorang, Berusahalah dan beradaptasilah dengan lingkungan sekitàr karena pengaruh lingkungan turut serta menentukan mental dan kepribadian pemuda dalam menghadapi kehadiran teknologi.
Kaum muda-mudi adalah penggerak pembangunan,dengan demikian tidak perlu menunggu waktu untuk bangkit dan berinovasi

Kehadiran teknologi kerap membawah dampak positif namun juga dampak negatif. Dampak positifnya adalah
Teknologi telah menhantar kita pada pemikiran cepat,praktis dan akuntabel disinilah pemuda dituntut untuk berbenah dan mampu mengawakinya sesuai tuntutan jaman,jika pemuda abai niscaya harapan pemerataan pembangunan manusia kedepan tidak akan terwujud sesuai cita-cita dan harapan pemerintah. Pendiri Bangsa ini, Ir. Soekarno melantangkan kalimat “Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”,tentulah salah satu aspek yang menentukan masa depan dan perkembangan suatu Wilayah ialah generasi pemudanya. Sedangkan dampak Negatif adalah
diakui bahwa teknologi juga kerab menjadi ancaman bagi pemuda bahkan masyarakat tanah air,seperti
penyalagunakan narkotika,pergaulan bebas,sex bebas,penyebaran hoax,pornografi dan lain lain yang akhirnya bermuara pada tindak kriminal dan berurusan dengan pihak berwajib.Disinilah dibutuhkan,iman,moralitas, kualitas dan profesionalisme kaum pemuda agar tidak terjebak dalam hal negatif.

Teknologi membawah kita pada pemikiran cepat,praktis dan akuntabel disinilah pemuda dituntut untuk berbenah dan mampu mengawakinya sesuai tuntutan jaman,jika pemuda abai niscaya harapan pemerataan pembangunan manusia kedepan tidak akan terwujud sesuai cita-cita dan harapan pemerintah. Pendiri Bangsa ini, Ir. Soekarno pernah melantangkan kalimat motifasi kaum pemuda “Beri aku sepuluh pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”,tentulah salah satu aspek yang menentukan masa depan dan perkembangan suatu Wilayah ialah generasi pemudanya.