Menkominfo Berkunjung ke Desa Baya, Pulau Adonara

Daerah

Adonara-Flotim,SorotNTT.Com -Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI), Johnny G Plate,melakukan kunjungan ke Desa Baya, Pulau Adonara,Kecamatan Adonara Tengah, Kabupateb Flores Timur, NTT Jumat (26/6/20).

Kunjungan kerja Menkominfo ini dalam rangka menyaksikan pemanfaatan akses internet di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN) Adonara Tengah dan melakukan wawancara dengan penerima manfaat bantuan internet.

Tepat pukul 6.30 Wita, Menkominfo yang didampingi Wagub Joseph Nae Soi, Anggota DPRD NTT Alexander T Ofong, dan Bupati Anton Hadjon, tiba di desa Baya, Kecamatan Adonara Tengah dengan menggunakan Helikopter.

Di sambut dengan tarian Hedung (Tarian perang, Tarian tradisional kebanggaan masyarakat Adonara dalam acara penyambutan tamu), dan pengalungan selendang, rombongan Menkominfo diterima langsung pihak Sekolah, Kades dan Tokoh masyarakat.

Dalam pidatonya, Johnny Plate mengatakan, saat ini dunia termasuk Indonesia tengah memasuki transformasi digital dimana hampir seluruh aktifitas dan kegiatan menggunakan teknologi digital. Transformasi digital menjadi sangat penting.

Kemenkominfo menjadi yang terdepan memenuhi infrastruktur telekomunikasi dalam transformasi digital hingga ke seluruh pelosok negeri yang berada di bagian terluar, terpencil dan terdepan (T3) termasuk Flotim.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan kehadiran infrastruktur telekomunikasi dan informasi, baik di puskesmas maupun di desa di Kabupaten Flotim khususnya, dapat menjadi daya dorong percepatan pelayanan, pembangunan, pendidikan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Peningkatan ekonomi masyarakat melalui ekonomi digital mulai dari mempublikasikan, mengolah, mengembangkan dan memasarkan potensi–potensi desa melalui jaringan internet.

Dia juga mengharapkan agar seluruh masyarakat termasuk di Kabupaten Flotim yang mendapatkan bantuan tersebut dapat menggunakan jaringan internet secara baik dan benar demi kepentingan memperlancar dan mempercepat layanan pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan peningkatan ekonomi.

Pantauan awak media sekitar pukul 10.00 Wita, usai memantau dan meresmikan pemanfaatan jaringan internet di Desa Baya, Menkominfo, Johnny G. Plate langsung menuju Desa Woloklibang, Kecamatan Adonara Barat, untuk meresmikan secara simbolis pemanfaatan akses internet disana.

Sementara itu, ditemui di sela kunjungan Menkominfo, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Adonara Tengah, Gregorius L. Mawar, S.Pd mengaku merasa sangat terharu, senang dan bangga atas bantuan yang diterima sekolah yang dipimpinnya.

Menurutnya, bantuan internet ini sangat bermanfaat bagi siswa SMP Negeri 1 Adonara Tengah, mengingat ditengah pandemi Covid-19 kegiatan belajar mengajar kebanyakan menggunakan sistem online.

“Sekolah terbantukan dan dengan adanya internet ini pemanfaatannya lebih nyata untuk digunakan para siswa dan guru dalam mengakses tugas sekolah, mengingat situasi pandemi covid-19 ini kegiatan belajar mengajar di rumah menggunakan sistem online,” terangnya.

Gregorius mengisahkan, sebelum ada bantuan internet, SMPN 1 Adonara Tengah, sangat kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) model pembelajaran online yang diterapkan oleh pemerintah selama masa pandemi covid-19 yang mana harus ditaktisi dengan pembelajaran offline (Home Learning) belajar rumah dengan menugaskan para guru melakukan pembelajaran ke setiap rumah siswa dan tetap mengikuti protap kesehatan, yakni; jaga jarak, cuci tangan serta menggunakan masker.

Karena itu, lanjut Gregorius, pihak sekolah kemudian bersepakat untuk mengajukan proposal kepada Bupati Flores Timur (Flotim), kemudian diteruskan ke Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), dan sampai dimeja Menkominfo, hingga akhirnya bantuan dapat terealisasikan.

Ucapan rasa syukur dan terima kasih disampaikan Gregorius kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Flotim, Pemerintah Provinsi NTT, dan Kemenkominfo, serta semua pihak yang telah membantu dengan luar biasa hingga terealisasinya pemasangan internet ini.

“Saya selaku kepsek, mewakili segenap para guru dan siswa SMP Negeri 1 Adonara Tengah, mengucapkan limpah terima kasih kepada Pemda Flotim, Bupati dan Wakil bupati, Pemprov NTT, Gubernur dan Wakil gubernur dan Menkominfo, Jhonny G. Plate, atas segala perhatiannya sehingga internet di sekolah kami dapat dipasang. Bantuan internet ini sangat di butuhkan untuk saat ini guna meningkatkan kualitas pendidikan, sebagaimana diamanatkan undang undang Dasar 1945, mencerdaskan kehidupan bangsa serta Visi Presiden RI, Joko Widodo, yakni mempersiapan sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0,” pungkasnya.