smaka-pancasila-borong-lomba-kitab-suci

Mewartakan Kabar Baik Ditengah Krisis Lingkungan Hidup

Daerah Flores

Borong, SorotNTT.com – Dalam rangka memperingati Bulan Kitab Suci Nasional yang diperingati oleh umat Katolik pada bulan September, SMAK Pancasila Borong menyelenggarakan pelbagai kegiatan dan perlombaan. 

Dalam release tertulis yang diterima SorotNTTcom pada, Rabu (25/9/2019), bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 19 s/d.21 September 2019 ini mengusung tema “Mewartakan Kabar Baik Ditengah Krisis Lingkungan Hidup”.

Beberapa kegiatan tersebut diantaranya, lomba kuis kitab suci dan lomba berpacu dalam melodi. Materi kuis kitab suci kali ini diambil dari “kisah para rasul” dan pengetahuan umum tentang gereja, dan lomba berpacu dalam melodi diambil dari lagu – lagu yang ada dalam buku “Madah Bakti” dan teks – teks lagu gereja yang sudah familiar dikalangan Gereja Katolik.  

Dimana,  yang terinspirasi dari ensiklik Paus Fransiskus tentang perawatan rumah kita bersama (24 Mei 2015) “Laudato Si” (terpujilah Engkau, Tuhanku). Misi utama yang mau dicapai dalam kegiatan lomba ini adalah agar dengan membaca, merenung dan merefleksikan kitab suci, semakin banyak orang yang mencintai dan menghayati kitab suci, terutama bagi civitas akademika SMAK Pancasila Borong.

Lebih dari itu, sesuai tema yang diusung, siswa/i bersama dengan seluruh masyarakat dunia, diminta agar bangun dari sikap acuh tak acuh, membuka mata bagi kerusakan bumi, dan mencari penyelesaian bersama dalam mengatasi krisis lingkungan hidup, sebagaimana yang diharapkan oleh Paus Fransiskus dalam ensikliknya “Laudato Si”.

Kegiatan perlombaan dibuka secara resmi oleh Dortea Wilti, salah satu guru senior SMAK Pancasila Borong, mewakili kepala sekolah yang pada saat pembukaan kegiatan tidak ada ditempat. 

Dortea Wilti dalam sambutan pembukaan mengajak seluruh peserta lomba untuk bersaing secara sportif, memanfaatkan kesempatan yang ada sebagai ajang untuk mewujudkan apa yang baik dan benar, sebagaimana yang disabdakan Allah melalui Kitab SuciNya. 

“Mari dukung kegiatan ini, supaya apa yang menjadi harapan dan cita-cita kita terwujud secara nyata, terutama dalam mewartakan Sabda Allah di tengah dunia,” pungkas Dortea.  

Sementara, Margareta Jemamu, salah satu koordinator perlombaan mengatakan, bahwa kitab suci merupakan pedoman bagi langkah hidup setiap umat Kristiani. Maka, perlombaan ini bertujuan untuk menyadarkan kita akan Kristus yang senantiasa hadir dan berdialog dengan kita dalam kitab suci.

“Semoga dengan perlombaan ini, semakin banyak orang yang mencintai kitab suci dan menghayatinya dalam kehidupan nyata. Karena itu, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik – baiknya dan jadikan kitab suci sebagai pedoman hidup, yang menuntun dan mengarahkan kita kejalan yang benar,” katanya. 

Seluruh rangkaian perlombaan diakhiri dengan acara hiburan dan pengumuman kejuaraan. Adapun Juara 1, 2 dan 3 lomba kuis Kitab Suci secara berturut – turut diraih oleh kelas XI IIS 4 yang diwakili oleh siswa atas nama Primus Inter Pares de Pieter, Kresentino E. S. Jalo dan Fransiska A. J. Densi, kelas X IIS 3 yang diwakili oleh Maria Anul, Novita Dina dan Ilania Intan, dan kelas XI MIA yang diwakili oleh Marisa Renaldo, Fransiska Beyan dan Mosara Laka.

 Sedangkan lomba berpacu dalam melodi juara 1 diraih oleh kelas XII MIA yang diwakili oleh Adela Aso, Priska Latu dan Helmina Ndai, juara 2 diraih kelas XI IIS 5, yang diwakili oleh Yasinta Anovaria, Analiani Monis dan Yohana Nurciani. Sedangkan juara 3 diraih oleh siswa/i dari kelas X IIS 3 yaitu Yulita Amul, Maria Nggo dan Maria Claudia Mbelong. 

Laporan : Ferdinandus Lalong