Musrenbang RPKD 2020 Tingkat Kecamatan Kuwus

Musrenbang RKPD 2020 Tingkat Kecamatan Kuwus

Daerah Flores

“Mengawali sambutan ini, saya mengajak kita semua untuk memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, melalui berkatnya, pada pagi ini kita diberi kesempatan kekuatan dan kesehatan untuk bertemu dan hadir di sini mengikuti Musrenbang RKPD Kabupaten tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) untuk tahun rencana 2020.”

“Pada kesempatan yang bermartabat ini pula, saya merasa bangga dan patut saya berikan apresiasi kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Manggarai barat, yang dengan caranya masing-masing memberi dukungan, spirit, dan motivasi kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, dalam bentuk kerja nyata pada semua segmen pembangunan maupun dalam bentuk masukan, saran bahkan kritikan demi mewujudkan Kabupaten Manggarai Barat yang ramah, maju dan sejahtera.”

Hal ini disampaikan Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus CH Dula, dalam sambutan tertulisnya pada saat Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2020, Tingkat Kecamatan Kuwus, Kamis (28/2/2019) di aula Kantor Camat Kuwus, yang dibacakan oleh Camat Kuwus, Fransiskus Male, S.Pd.

Lebih lanjut Bupati Dula mengatakan, sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, daerah melaksanakan pembangunan untuk peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik serta daya saing daerah.

Pembangunan daerah merupakan perwujudan dari pelaksanaan urusan Pemerintahan yang telah diserahkan ke daerah, sebagai bagian integral dari Pembangunan Nasional. Oleh karena itu, untuk mencapai target pembangunan Nasional, Kementerian atau Lembaga harus melakukan sinkronisasi dan harmonisasi dengan daerah, baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah.

Menurut Bupati Dula, RKPD merupakan salah satu dokumen perencanaan pembangunan yang mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis mengingat, RKPD merupakan penjabaran dari RPJMD yang memuat rancangan kerangka Ekonomi Daerah, prioritas pembangunan Daerah, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu 1 tahun yang disusun dengan berpedoman pada rencana kerja Pemerintah dan program strategis Nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, sebagai instrumen evaluasi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan menjadi pedoman Kepala daerah dalam menyusun KUA serta PPAS. 

Musrenbangcam yang akan kita laksanakan hari ini tentu memberikan ruang yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk turut serta berpartisipasi membangun Kabupaten Manggarai Barat sejak dari tahapan perencanaan, pelaksanaan sampai pada evaluasi terhadap pembangunan. Kata Bupati Dula.

Yang hadir pada saat Musrenbang RKPD tersebut dari Labuan Bajo yaitu, Kadis BPMPD, Matius Ngabut, SH, Kadis Perikanan Yeremias Ontong, dari Dinas Peternakan, Yosep Patrin, S.PT, Dinas PKO, Inosensius Bugis, Dinas PUPR, Adrianus A.G. Sukat, Dinas BP4D, Marianus Yosef Djelamu, SH, Kabid Fispra, Rikardus T. Sontari, STP,M.Si, Kadis Keuangan BPKAD, Drs. Salfador Pinto, Asisten Satu Martinus Ban, dan hadir pula anggota DPRD Mabar yaitu, Martinus Warus, S.Fil, dan Marselinus Jeramun, SE. (Dedy Naka/TIM)