Nanga Lok Sebagai Pemenang Anugerah Pesona Indonesia

SOROTNTT.COM-Sebuah prestasi kembali ditorehkan oleh Manggarai Timur dengan ditetapkannya Nangalok sebagai pemenang pada Anugerah Pesona Indonesia kategori Surga Tersembunyi. Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH, M.Hum menerima penghargaan tersebut secara langsung di gedung AAC Dayan Dawood, Banda Aceh pada Jumat, 25 November 2022.

Nangalok bersama 9 obyek wisata lainnya dari seluruh Indonesia ditetapkan sebagai nominasi Anugerah Pesona Indonesia kategori Surga Tersembunyi pada bulan April 2022. Keputusan ini dikeluarkan oleh Komite Seleksi Anugerah Pesona Indonesia sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan obyek-obyek wisata baru dan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.
API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri/swasta maupaun Pemerintahan-pemerintahan Daerah dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

BACA JUGA:  Pustu Sudah Lama Rusak, Pasien Dirawat di Kantor Desa

Pengembangan pariwisata merupakan salah satu kegiatan yan menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur. Hal ini telah dimulai dengan melaksanakan acara-acara pemerintahan di lokasi wisata yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan secara bergilir.
Pelantikan para pejabat pada Lingkup Pemda Matim juga dilaksanakan di obyek-obyek wisata. Nangalok menjadi lokasi dilaksnakannya pelantikan Camat Sambi Rampas pada 03 Oktober 2021.
Promosi daerah wisata oleh Pemda dan masyarakat Manggarai Timur melalui platform media sosial juga cukup gencar dilakukan, sebagai bagian untuk memperkenalkan destinasi wisata Manggarai Timur dan mendukung pengembangan wisata super prioritas Labuan Bajo.

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH, M.Hum, mengungkapkan kebahagiaannya untuk hal ini,

“Kita tentunya bersyukur bahwa upaya promosi yang kita lakukan mendapatkan apresiasi pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2022. Ini juga merupakan salah satu kado luar biasa untuk masyarakat Manggarai Timur pada ulang tahun yang ke 15 tahun 2022 ini.”

BACA JUGA:  Jenjang Karir ASN di Instansi Pemerintahan

Bupati Agas menyampaikan bahwa tugas Manggarai Timur untuk sector pariwisata tidak selesai ketika mendapatkan penghargaan ini.

“Ketika mencari surga untuk berwisata maka orang akan datang ke Manggarai Timur; mencari Nanga Lok dan destinasi wisata lainnya. Untuk itu maka tugas kita di Manggarai Timur belum selesai. Kita harus menjaga surga kita agar tidak rusak oleh sampah, menatanya menjadi lebih indah lagi sehingga menarik lebih banyak wisatawan.
Kebersihan lokasi wisata dan pengembangan ekonomi kreatif disekitar lokasi wisata penting untuk semakin dimatangkan. Saya juga berharap kolaborasi dan koordinasi antar sektor lebih ditingkatkan dalam kaitan dengan ini.”

Bupati Agas juga yakin bahwa dengan Anugerah ini maka Manggarai Timur akan semakin dikenal.

BACA JUGA:  Banjir Bandang Melanda Waiwerang Flotim

“Akan semakin banyak orang yang mencari informasi tentang wisata Manggarai Timur dan kemudian datang kesini, dampaknya akan dirasakan oleh kita semua. Bukan hanya pemerintah pusat, sector swasta juga pasti akan melihat Nangalok lebih jauh setelah ini. Pemda dan masyarakat harus siap untuk perkembangan-perkembangan ini. Kita berharap setelah ini pariwisata Manggarai Timur akan semakin maju dan dikenal. ”

Teluk Nanga Lok merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Golo Lijun Kecamatan Elar. Terletak di jalan lintas utara pulau Flores, Nanga Lok merupakan surga yang bisa ditemui dengan keindahan panorama alam dan keramahan penduduk yang juga akan menyajikan berbagai sajian kuliner local untuk para wisatawan.