Nekat, Rumah Jabatan Kapolres Nagekeo Diserang Puluhan Pemuda Mabuk

Daerah

Nagekeo, SorotNTT.Com– Puluhan pemuda mabuk menyerang Rumah Jabatan (Rujab) Kapolres Nagekeo, NTT, AKBP Agustinus Hendrik Fai. SH, MH, pada Jumat (25/12/2020) sekitar pukul 20:00 malam.

Aksi ini tergolong sangat nekad yang dilakukan oleh puluhan pemuda, yang telah dipengaruhi oleh minuman keras tersebut.

Mengutip Floresfiles.com, Akibat aksi anarkis tersebut dua unit kendaraan milik anggota polisi rusak. Beberapa fasilitas lain seperti ember cuci tangan yang berada di halaman rujab pecah akibat lemparan batu.

Kapolres Nagekeo AKBP Agustinus Hendrik di rumah jabatan Kapolres pada Sabtu (26/12/2020) menjelaskan aksi brutal kelompok pemuda yang berasal dari Lingkungan Ola Lape, Kelurahan Lape, Kecamatan Aesesa itu bermula saat beberapa pemuda cekcok dengan Ajudannya Bripda Egen di jalan Marinir.

Saat Bripda Egen melintas, dua orang pemuda menggunakan sepeda motor bersenggolan dengan mobil Bripda Egen. Mereka lantas mencegat Bripda Egen. Saat dicegat Bripda Egen langsung menegur keduanya bahwa ini hari raya Natal kalau bisa jangan kebut- kebutan dijalan, karena mengganggu kamtibmas. Tidak mau ditegur salah seorang dari dua pelaku mencekik leher Bripda Egen.

Tidak terima diperlakukan seperti itu Bripda Egen lantas memukul salah satu dari keduanya. Mereka lantas mengancam Bripda Egen jika akan memanggil keluarganya di Lape. Tidak lama berselang datanglah masa sekitar 60 orang menyerbu rumah jabatan Kapolres.

“Saya lagi duduk dengan tamu, tiba-tiba dikejutkan okeh bunyi seng akibat lemparan batu. Mereka menyerang secara membabi buta, ada tiga orang lainnya masuk kedalam pekarangan rumah sambil membawa kelewang. Tamu-tamu berhamburan keluar rumah. Saya tanya ke sopir saya ada apa ini? Sopir saya jawab, ini ada orang yang serang rumah, mereka banyak sekali jumlahnya sekitar 60 an orang. Mendengar itu saya langsung telpon ke piket penjagaan, agar bersama anggota lainnya segera menuju ke TKP. Tidak lama berselang, anggota saya datang ke TKP dan mengejar para pelaku. Beberapa diantaranya langsung ditangkap sedangkan sebagian lainnya berhasil kabur” jelas Kapolres Hendrik.

Beberapa anggota yang pada saat kejadian berada di Rujab kepada Floresfiles.com Sabtu (26/12/2020) siang menjelaskan pada saat mereka menyerang ada beberapa pelaku membawa senjata tajam jenis Klewang bahkan ada yang sempat memukul anggota polisi.

“Mereka datang serang, lalu teriak- teriak, mau rumah Kapolres kek siapa kek hantam saja. Ini bukti, kaca mobil pecah, sepeda motor milik anggota pecah, sebagian batu yang dilempar masih nyangkut di plafon rumah bagian atas. Ada tiga orang yang bawa klewang masuk sampai ke halaman rumah, mereka ajak duel dengan polisi, bahkan sempat pukul Bripda Egen” ungkap salah satu anggota.

Sementara Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Nagekeo Iptu Mahdy Ibrahim Dejan di Mapolres Nagekeo pada Sabtu (26/12/2020) malam menjelaskan saat ini pihaknya sudah berhasil mengamankan 14 pelaku dan sudah berada di Sel Mapolres Nagekeo.

“Sudah 14 yang diamankan, kami akan terus lakukan pengembangan. Siapapun yang terlibat akan kami proses hukum agar semua bisa proaktif dalam mendukung upaya penegakan Hukum polres Nagekeo dan bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan seluruh masyarakat Nagekeo” jelasnya.(**)