NTT-nyatakan-dukungan-untyuk-presiden_RI

NTT nyatakan dukungan untuk Presiden RI

Daerah Featured

Kupang, SorotNTT.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama berbagai elemen masyarakat di provinsi setempat menyatakan dukungan kepada Presiden Joko Widodo dan Wakilnya Ma’ruf Amin yang sudah terpilih untuk periode 2019-2024.

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat mengingatkan agar jangan ada kelompok-kelompok atau oknum tertentu yang mencoba-coba mengganggu Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo sebagai pimpinan yang sah.

ÔÇťApabila ada niat-niat kelompok-kelompok tertentu yang berniat untuk menghancurkan, menurunkan Presiden RI sebagai pemimpin yang sah, maka dari NTT kami memberikan pesan bahwa presiden tidak punya kesalahan apapun, presiden bekerja secara luar biasa, jangan pernah ada yang mencoba-coba mengganggu Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo,” tegas Viktor, saat menyampaikan orasinya pada acara penandatanganan pernyataan sikap, berlangsung di depan Kantor Gubernur NTT, Jumat (27/9/2019).

“Segala masalah mampu kita selesaikan lewat jalur aspirasi-aspirasi yang disampaikan lewat DPR. Kalau itu masalah hukum kita lewat jalur hukum, semua tersedia dalam negara bingkai kesatuan Republik Indonesia yang mengedepankan dan mempertahankan hukum sebagai tuan dan panglima. Karena itu tidak boleh kita bergerak di luar ketentuan konstitusi, untuk itu kita mengingatkan yang coba-coba bergerak diluar konstitusi Republik ini, itu pesan kita. Sebagai Gubernur saya ingin mengajak kita semua untuk kita menyatakan sikap kita yang akan dibacakan oleh wanita hebat NTT, Prof Mien. Ia akan membacakan sikap, bagaimana sikap dari provinsi NTT untuk memberikan dorongan kepada kita semua, bahwa bangsa ini membutuhkan kemajuan. Bangsa ini membutuhkan pemimpin yang hebat yang bekerja dengan hati dan pikiran dengan keberaniannya, maka kita tidak boleh lagi melihat kebelakang untuk menghancurkan seluruh sendi kehidupan bangsa ini dengan cara yang tidak bermoral,”Tegasnya.

Ia mengatakan, sebagai gubernur, dirinya mengajak semua elemen masyarakat NTT agar tidak boleh menghancurkan bangsa ini dengan cara apapun. “Kami akan didepan berhadapan didepan dengan siapapun. Kalau ingin menjadi presiden atau gubernur ada jalur. Tunggu lima tahun lagi baru maju, itulah langkah konstitusional,” ujarnya.

Dukungan tersebut disampaikan lewat pernyataan sikap Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, bersama para bupati/wakil bupati, Ketua Sementara DPRD NTT, Yunus Takandewa, pimpinan TNI-Polri di NTT, pemimpin lintas agama, pimpinan perguruan tinggi, serta semua aparatur sipil negara (ASN) Lingkup Pemprov NTT.

Pernyataan sikap tersebut, dibacakan oleh Prof. Dr. Mien Ratoe Oedjoe, M.Pd.,pernyataan sikap itu, adalah berisi empat hal utama yaitu :

Pertama, mendorong para pemimpin bangsa dan masyarakat di tingkat nasional dan daerah, untuk bersama-sama menjaga kebhinekaan dan kedaulatan NKRI dan menghindari pemaksaan kehendak dan pendapat yang bertentangan dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945.

Kedua, menolak sikap dan tindakan radikalisme, intoleransi, dan inkonstitusional terhadap hasil Pemilu Presiden Republik Indonesia tahun 2019, dan mendukung penuh Ir. H. Joko Widodo dan Prof. Dr. (H.C) K.H.  Ma’ruf Amin, sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih tahun 2019-2024.

Ketiga, menjaga suasana batin dan membangun serta memviralkan sikap saling percaya, saling menghargai, saling melindungi dalam bingkai NKRI.

Keempat, menegakkan demokrasi yang bertanggung jawab dengan wajib memperhatikan kebebasan orang lain, untuk memberikan pembelajaran sikap dan perilaku bagi generasi penerus bangsa kedepan, dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Setelah pernyataan sikap dibacakan, semua elemen pimpinan lintas instansi yang hadir dalam kesempatan tersebut melakukan penandatanganan sebagai wujud komitmen bersama.

Laporan : Hendrikus Aditono