P3MKEL-Makassar-Kunjungi-Desa-Golo-Lijun-Matim

P3MKEL – Makassar, Kunjungi Desa Golo Lijun di Manggarai Timur

Daerah Flores

Borong,SorotNTT.com – Persatuan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Kecamatan Elar (P3MKEL)-Makassar, kali ini menggelar kunjungan daerah di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Flores-Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 27 hingga 28 Agustus 2019  di SMA Negeri 7 Elar Desa Golo Lijun. Kegiatan dengan tema: “Peran Pemuda Dalam Menghadapi Era Millennial“,  dihadiri oleh  masyarakat, para pelajar,  aparat pemerintah desa serta anggota P3MKEL-Makassar.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh tiga narasumber utama yang dipimpin oleh Husni Mubarak sebagai moderator. Ketiga narasumber tersebut diantaranya: pertama, Jemarang S.Ip selaku mantan Kades Golo Lijun sekaligus alumni P3MKEL, yang membahas terkait menakar posisi strategis arah pembangunan pemuda Kabupaten Matim, bahwasanya  penting sekali kehadiran pemuda untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat, agar pihak pemerintah  merespon atas segala dinamika yang terjadi lebih khususnya terkait tapal batas.

Kedua,  Koramil Sambi Rampas, Bapak Ramadhan, membahas tentang peran pemuda dalam menjaga kedaulatan NKRI. Bahwa pentingnya menjaga perdamaian dan kesatuan yang dilandasi oleh ideologi negara Pancasila, UUD 1945, dan bhineka tunggal ika, agar terhindar dari radikalisme.

Ketiga, Syarifudin S.Pd, terkait peran pemuda dalam membangun literasi. Melihat realita masyarakat semakin jauh dari budaya literasi, disebabkan oleh perkembangan media sosial sehingga bukan lagi buku yang dibaca akan tetapi kebanyakan mengkonsumsi  handphone dan hal ini menghambat dalam minat membaca pada era millennial.

Ketua Panitia, Iskandar, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak sekolah terutama kepala sekolah  dan dewan guru, serta pihak pemerintah desa yang telah mendukung kegiatan tersebut. “Semoga ada pantulan positif dibalik kegiatan yang kami lakukan ini,” kata Iskandar pada SorotNTT.com belum lama ini.

Dia menambahkan, selaku ketua panitia, saya menyampaikan permohonan maaf, apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu, Ketua umum P3MKEL, Zainal Basri,  mengatakan, kunjungan daerah merupakan bentuk implementasi dari tri dharma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat, agar ada paradigma baru yang muncul dalam membangun ruang sosial.

“Hari ini kami hadir sebagai wujud dari tri dharma perguruan tinggi,” Ujar Zainal.

Laporan : Ferdinandus Lalong