Paket Pengerjaan Jalan Ruteng-Golo Cala Telah Selesai Dikerjakan

Daerah

Ruteng, SorotNTT.Com-Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, telah selesai mengerjaan proyek pemeliharan jalan Ruteng-Golo Cala, Kecamatan Satar Mese.

Proyek ini diketahui bersumber dari Dana Alokasi Umum(DAU) Tahun 2021, Dengan nilai kontrak Rp.4.425.500.000.00, dan sebagai kontraktor pelaksana adalah PT. Wijaya Graha Prima.

Pantauan media SorotNTT.Com, Selasa(9/11/2021), pengerjaan rehabilitasi pemeliharaan jalan Ruteng-Golo Cala ini telah selesai,seperti Pengerjaan hotmix dan saluran drainase.

Salah satu warga Desa Umung bernama Tino di Kampung Senggong, menyampaikan ucapan trimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai, Karena telah melakukan pemeliharaan pada ruas jalan Ruteng-Golo Cala ini.

Jalan ini sering sekali terjadi kerusakan, ini akibat dari curah hujan yang tinggi didaerah ini, sehingga air sering mengalir ke badan jalan, apalagi drainase dijalan ini belum semuanya ada.

BACA JUGA:  Unit Jatanras, Satuan Reskrim Polres Manggarai Berhasil Mengamankan Pelaku Pencurian Sepeda Motor

“Harusnya diruas jalan ini diutaman saluran drainasenya, sehingga air tidak masuk ke badan jalan”.

Yang kami amati selama ini, kalau hujan turun, air menggenangi badan jalan, air sering menghantam dinding jalan, sehingga akibatnya terkikis dan akibatnya akan terjadi longsor.

Badan jalan juga sangat sempit, seharusnya dibuat pelebaran juga. Tetapi selama ini terkendala karena dugaan pihak Taman Wisata Alam(TWA) Ruteng sering melarang pihak pemerintah Daerah Manggarai untuk melakukan pelebaran pada ruas jalan ini.

Sungguh kompleks permasalahan yang terjadi diruas jalan ini, sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak, itu yang kami harapkan sebagai masyarakat, tutur Tino.

Dami M. Warga Kampung Senggong juga menyampaikan kesaksianya tentang kesigapan pihak kontraktor dan petugas dari Dinas PUPR Kabupaten Manggarai terkait mengatasi kerusakan yang terjadi.

BACA JUGA:  Polres Manggarai Bersama Bhabinkamtibmas dan Komunitas Penyintas Covid -19 Gelar Apel Bersama

“Pernah ada kendaraan yang sempat menabrak dinding jalan, sehingga saluran drainase rusak beberapa waktu lalu, ketika itu kami pulang dari ruteng.

Ketika satu minggu kemudian saya ke Ruteng lagi, kami sudah tidak melihat lagi kerusakan tersebut.

Langkah cepat ini yang kita perlukan, sehingga kondisi jalan tetap terjaga, karena kalau tunggu besar kerusakan baru diperbaiki, maka akibatnya fatal, tutur Dami.

Terpisah Direktur Utama PT.Wijaya Graha Prima(WGP) Eric Sujono menyampaikan bahwa Untuk kerusakan-kerusakan minor akibat gerusan air tetap kita usahakan diperbaiki, pada masa pemeliharaan ini. Termasuk kalau ada longsoran selama musim hujan ini.

BACA JUGA:  Kapolres Manggarai Mengunjungi Keluarga Teofilus, Korban Terkena Sengatan Listrik di Karot

Kita berkomitmen untuk menjaga kepercayaan pemerintah dengan memberi yang terbaik kepada masyarakat, melalui kualitas kerja, tutup Erik.