Pangdivif 2 Kostrad Dampingi Dankodiklatad Berikan Kuliah Umum Kepada Mahasiswa Politeknik Negeri Malang

Pangdivif 2 Kostrad

Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.A.P., M.Si., M.Tr (Han) mendampingi Komandan Kodiklatad Letjen TNI Anto Mukti Putranto, S.Sos untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) bertempat di Graha Polinema, Malang. Senin (14/10).

Kuliah umum yang dilaksanakan di Kampus Polinema ini mengusung tema “Membentuk intelektual muda yang berintegritas dan berwawasan kebangsaan dalam era revolusi industri 4.0” yang diikuti kurang lebih 4.000 Mahasiswa.

Selaku Narasumber, Dankodiklatad menjelaskan tentang pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikan yang mengembangkan karakter bangsa pada diri peserta didik, dalam hal ini mahasiswa, sehingga mereka memiliki nilai dan karakter dalam dirinya serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari baik sebagai anggota masyarakat maupun warga negara yang religius, nasionalis, produktif dan kreatif.

BACA JUGA:  MOI Kirim Surat Ke Presiden Jokowi Minta Jurnalis Dapat Prioritas Divaksin Covid 19

Menurutnya, generasi penerus bangsa Indonesia, terutama para pemuda, mahasiswa dan pelajar, harus tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Dalam kesempatan ini, Dankodiklatad juga memberikan penjelasan bagaimana cara menangkal radikalisme di kalangan mahasiswa diantaranya perkuat wawasan kebangsaan, jalin kerjasama antar kelompok, berpikir terbuka dan berjiwa nasional, kedepankan budaya nasional serta menjadi duta damai di dunia maya.

BACA JUGA:  Pemda Matim Targetkan di Tahun 2023 Semua Desa dan Kelurahan Dialiri Listrik

Dankodiklatad mengajak untuk semakin mengokohkan wawasan kebangsaan para mahasiswa, sehingga mampu menghadapi tantangan, hambatan dan mampu turut serta merawat menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI.

Diakhir kuliah umumnya, Dankodiklatad juga memberikan kejutan kepada seorang mahasiswi yang tengah berulang tahun serta juga berkesempatan saling bertukar cinderamata antara Dankodiklad dengan Direktur Politeknik Negeri Malang.