Pejuang Kebersihan Yang Selalu Ceria

Daerah Flores

Ruteng, sorotntt.com-Keinginan semua pihak untuk menjadikan kota ruteng bersih rupanya membutuhkan pengorbanan. 

Bukan saja terkait dengan harus bertambahnya armada angkutan untuk pendristribusian sampah ke TPA, tetapi yang paling penting adalah penambahan tenaga petugas kebersihan. 

Rupanya ini yang dilakukan pemerintah, terbukti sekarang ini disetiap kelurahan yang ada dikota ruteng memiliki petugas kebersihan sendiri. 

Lihat saja yang terjadi dikelurahan Mbaumuku Ruteng, mereka memiliki petugas kebersihan yang tiap pagi siap mengangkat semua jenis sampah ketempat penampungan yang berada dikelurahan pau. 

Namanya Hermanus Rino yang biasa disapa Herman. Ia setiap pagi selalu sigap, tanpa kenal lelah dan selalu semangat, ia siap memberi pelayanan yang ekstra untuk kebersihan kota ini. 

Herman tidak pernah memperhitungkan apa yang ia dapat dari pemerintah, tapi ia selalu berharap kota Ruteng bebas dari sampah. 

Setiap hari hampir pasti Hermanus-lah yang membangunkan tetangga sekitar dan warga Mbaumuku pada umumnya dengan raungan bunyi desingan motor roda tiga yang dia kemudikan. 

Yah,,,, Hermanus adalah pejuang yang tidak kenal lelah, ia tidak lagi memperhatikan kesehatanya, ia tidak lagi mempedulikan bau busuk sampah yang telah disiapkan didepan halaman rumah warga, yang Hermanus pedulikan hanya ingin kotanya bersih.

Pertanyaan sebagai refreksi untuk kita warga kota Ruteng, sejauh mana tingkat kesadaran kita sebagai warga, untuk membersihkan kota ini. 

Apakakah kebersihan kota Ruteng hanya tanggung jawab  pemerintah dan petugas kebersihan saja? Itulah curahan hati warga kelurahan Mbaumuku, Sirjonius Darmawan Nggeot. 

Pria yang biasa disapa Joni ini mengharapkan agar warga kota ruteng ini memiliki kesadaran lebih untuk memerangi sampah. Ini demi kesehatan kita semua. 

Malu kalau kota ini kotor, sambung Joni, sebagai penghuni kota kita bisa saja dicap pemalas. “Jangan tunggu petugas baru sampah kita diangkut. Tetapi kita bisa memilah, mana yang bisa dibakar, dan mana yang diserahkan kepetugas”, tegas Joni. 

Kembali tentang Hermanus, pria tegap nan semangat ini sungguh setia atas panggilan tugasnya sebagai petugas kebersihan kelurahan Mbaumuku. 

Ia tidak mempedulikan perubahan iklim yang sering berubah dikota ini, hati dan pikiran serta tenaganya setia dan total dipersembahan untuk menjaga kebersihan kota ini. 

Tetap semangat pejuangku, teruslah berkarya untuk menjaga kota ini dari keserakan sampah yang membuat nama kota tercoreng. 

Biarlah semangatmu Om Hermanus, memicu hati kami untuk menjaga kebersihan lingkungan kami.

Semangatmu memotifasi kami, senyummu membuat kami malu untuk membuang sampah… 

Kami mendoakan agar Kamu selalu sehat dan untuk semua teman-temanmu yang tiap hari berjuang bersamamu. Kelak kalian akan mendapat balasan yang setimpal atas segala pemberianmu untuk kami dan kota iniā€¦ 

Semangat om Hermanus

Persembahan dari aku yang selalu memperhatikanmu setiap hari om hermanus

(Marselin)